PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIPA BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN ADOBE FLASH PADA SISWA KELAS 1 SD SUPRIYADI SEMARANG
Abstract
Pendidikan di Indonesia memiliki visi untuk menciptakan manusia yang cerdas, berkarakter, dan berakhlak mulia. Salah satu upaya untuk mencapai visi tersebut ialah dengan memperkenalkan sila Pancasila. Untuk mempermudah siswa dalam memahami sila Pancasila digunakan sebuah media pembelajaran sebagai alat bantu untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah pembuatan dan penggunaan media pembelajaran SIPA berbasis multimedia dengan adobe flash yang layak pakai untuk siswa kelas 1 SD Supriyadi Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Dengan melaksanakan tahapan analisis kebutuhan, desain media, pengembangan media dan melakukan validasi, melaksanakan uji coba lapangan, dan melakukan evaluasi pada semua tahap yang dilakukan. Data yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, guru kelas, dan siswa kelas 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil dari uji kelayakan media SIPA berbasis multimedia dengan adobe flash ini adalah sangat layak digunakan. Kata Kunci: Pengembangan media, Adobe flash, Media SIPA
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifa, N., Isnanto, R. R., & Nurhayati, O. D. (2014). Perancangan Permainan" Membuat
Bioetanol dari Limbah Buah" Menggunakan Adobe Flash CS3. Jurnal Teknologi dan
Sistem Komputer, 2(1), 87-95.
Fauzi, A., Reffiane, F., & Agustini, F. (2018, July). PENGEMBANGAN MEDIA CD
INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH BERBANTU METODE NHT
TEMA II SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR.
In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018.
Kresma, E. N. (2014). Perbandingan pembelajaran konvensional dan pembelajaran berbasis
masalah terhadap titik jenuh siswa maupun hasil belajar siswa dalam pembelajaran
matematika. Educatio Vitae, 1(1).
Maryanti, S., & trie Kurniawan, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi
Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal BIOEDUIN:
Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26-33
Putra, T. A. (2018). Pengembangan media pembelajaran animasi berbasis macromedia flash
pada materi trigonometri (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Rezeki, S. (2018). Pemanfaatan adobe flash cs6 berbasis problem based learning pada materi
fungsi komposisi dan fungsi invers. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 856-864.
Rika, A. S. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbasis Teknologi
Macromedia Adobe Flash 8 (Doctoral dissertation), UIN Raden Intan Lampung.
Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan Pengertian Pengembagandan Pemanfaatannya.
Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Ketut, P. (2014). Model Penelitian Pengembangan Yogyakarta:
Graha Ilmu.
Umar, U. (2017). Media pendidikan: Peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Tarbawiyah:
Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131-144.
Wulandari, S., Ainy, C., & Suprapti, E. (2017). Pengembangan media pembelajaran
matematika berbasis game interaktif menggunakan aplikasi Adobe Flash CS3 pada
materi pokok trigonometri kelas X SMKN 10 Surabaya. MUST: Journal of
Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 165-177
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16658
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Berliyan Febriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.