ANALISIS PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa di SDN Gayamsari 02 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian yang dilakukan peneliti yaitu melakukan analisis pengaruh Game Online terhadap motivasi belajar anak di SDN Gayamsari 02 Semarang. Sumber data berupa data primer yang diperoleh melalui wawancara, mengisi angket dan dokumentasi dari narasumber yang terpercaya yaitu siswa kelas V SDN Gayamsari 02 Semarang, guru kelas V SDN Gayamsari 02 Semarang, guru ekstrakurikuler SDN Gayamsari 02 Semarang, kepala sekolah SDN Gayamsari 02 Semarang, serta orang tua siswa. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan analisis penelitian dan pembahasan yang dapat disimpulkan bahwa bermain game online secara berlebihan berdampak terhadap minat dan semangat belajar anak. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya siswa yang kurang dalam hal pemanfaatan waktu belajar dan juga keseriusan siswa dalam bersekolah. Akibat terlalu sering bermain game online, anak menjadi tidak terlalu mementingkan belajar. Karena ketika bermain game online, waktu dan tenaga yang dipergunakan akan banyak dihabiskan untuk bermain daripada belajar sehingga anak akan cenderung lebih malas untuk belajar. Hal ini akan berdampak kepada motivasi ataupun semangat anak dalam belajar ataupun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Humardani. 2021. “Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Godo 03 Kabupaten Pati Pada Masa Pandemi Covid-19”. Semarang: Universitas PGRI Semarang
Mardalis. 2017. “Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal”. Jakarta: Bumi Aksara
Moleong. 2013. “Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nisrinafatin. 2020. “Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal EdukasiNonformal: Salatiga
Putra. 2020 “Analisis Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Anak Di SDN Tawangrejo. Semarang: Universitas PGRI Semarang
Resty. 2021. “Analisis Motivasi Belajar Akibat Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas IV SD N Getasblawong Kendal”. Universitas PGRI Semarang: Semarang
Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Kuantitatif”. Bandung: Alfabeta
Tauqifa. 2021. “Peran Guru dan Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di SD Negeri Karangtowo Kabupaten Demak”. Semarang: Universitas PGRI Semarang
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11869
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ari Amirudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.