SISTEMATIKA LIERATUR REVIEW: PERMAINAN MAZE DALAM MENGEMBANGKAN PERKEMBANGAN ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Penelitian ini membahas tentang permainan maze dalam perkembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak (AUD). Hal ini dilatar belakangi bahwa masih banyak peneliti menggunakan permainan maze sebagai alat edukatif saat menerapkan pembelajaran yang memiliki potensi mengembangkan perkembangan anak. tujuan penelitian ini untuk memberikan kontribusi atau bantuan kepada pendidik akan keilmuan tentang penerapan permainan maze terhadap perkembangan kognitif Anak di masa taman kanak-kanak, serta membantu anak memahami materi pembelajaran yang diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sistematika literature review, literature yang digunakan pada tahun 10 tahun kebelakang. Berdasarkan hasil review didapat bahwa dengan permainan maze merupakan usaha untuk menciptakan proses pembelajaran melaui bermain salah satunya yaitu dapat mengembangkan perkembangan kognitif anak. Permainan maze menjadi alternative pembelajaran yang menarik dalam meningkatkan pengetahuan anak, memahami anak dapat memecahkan masalah sederhana mengenal benda menggunakan symbol symbol saat pelaksanaan permainan.
Keywords
Full Text:
PDF (bahasa)References
Aprilianti, R. M., & Fitri, R. (2019). Pengaruh Permainan “Ikut Jejaku” Terhadapy Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok B Di TK Wanita Punggul Sidoarjo. PAUD Teratai, 8(3), 1–6.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo.
Fatmaini, S. (2018). Pengaruh Aktivitas Bermain Media Maze Angka Terhadap Perkembangan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Lampung.
Fikriyati, M. (2013). Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Laras Media Prima.
Fitriana, S. (2018). PERANAN PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK. 2(1), 242–250.
Aprilianti, R. M., & Fitri, R. (2019). Pengaruh Permainan “Ikut Jejaku” Terhadapy Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok B Di TK Wanita Punggul Sidoarjo. PAUD Teratai, 8(3), 1–6.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo.
Fatmaini, S. (2018). Pengaruh Aktivitas Bermain Media Maze Angka Terhadap Perkembangan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Lampung.
Fikriyati, M. (2013). Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Laras Media Prima.
Fitriana, S. (2018). PERANAN PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK. 2(1), 242–250.
Heriantoko, B. C. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Permainan Maze Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Ii Di Slb/C Tpa Jember. Jurnal Pendidikan Khusus, 1(1).
Indah Pratiwi1, Syafdaningsih, R. (2018). Pengembangan Alat Bermain Papan Magnetik Maze Untuk Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 138–147.
Izzati, L., & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pendidikan Tambusi, 4(1), 472–481. Https://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/486/431
Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. Axiom, 7(1), 91–96.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing. Https://Doi.Org/10.1016/S0262-8856(98)00132-2
Lestari, A. T. (2016). Pengaruh Permainan Maze Terhadap Kemampuan Geometri Anak Kelompok B Di Tk Dharma Wanita Persatuan Babat Toman. Universitas Sriwijaya.
Liany, N. D. (2019). Efektifitas Ape Maze Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Kelompok B Di Tk Al-Fitroh Kota Semarang. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Lisdiana, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B1 Melalui Permainan Labirin Di TK Terpadu Nailul Maram Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Universitas Jember.
Maghfiroh, S., Abidin, R., & Suweleh, W. (2017). Pengaruh Permainan Maze Angka Terhadap Kemamapuan Berhitung Anak Kelompok B. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 29–39.
Mardhotillah, I. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA MAZE MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Marselina Selli. (2018). Perancangan Alat Permainan EDUKATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MOTORIK BAGI ANAK TAMAN KANAKKANAK DI KOTA SUKABUMI. Universitas Pendidikan Indonesia. Https://Doi.Org/10.1017/CBO9781107415324.004
Marzali, A. (2016). Menulis Kajian Literatur. Etnosia, 1(2).
Masitah, W., & Wahyuni, S. (2017). Peningkatan Visual Spasial Anak Melalui Kegiatan Bermain Maze Pada Anak Di RA Sabariyah Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas. Вестник Росздравнадзора, 6, 5–9.
Putri, R. A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Maze (Mencari Jejak). Early Childhood Education Indonesian Jurnal, 2(3), 165. Https://Doi.Org/10.1119/1.2218359
Putri, R. A., Hente, M. A., & Munir, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Maze (Mencari Jejak) Di Kelompok B Tk Ummahat Darud Da’wah Wal Irsyad (Ddi) Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), 2292–2298.
Rohmad, Sovya Aprilia. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Maze Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelompok A TK Khadijah Kulon Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015-2016.
Rosida, L. (2014). PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN MAZE. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2).
Sina, M. I., & Iftayani, Itsna. (2017). MODEL PERMAINAN ULAR TANGGA “S.M.S “(SAYA MEMANG SHOLIH)SEBAGAI PENGEMBANGAN INTERVENSI KOGNITIF-PERILAKU PADA ANAK DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU MENENTANG. SEMINAR NASIONAL BAHTERA, SASTRA DAN BUDAYA, 1(1), 440–455.
Suela, I. K., & Wijiastuti. (2017). PERMAINAN MAZE UNTUK MEREDUKSI PERILAKU SELF STIMULATION PADA ANAK AUTIS. Pendidikan Khusus, 1–6. Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Khusus/Article/View/20123
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. PT Bumi Aksara.
Udani, I. G. A. K. A., Marhaeni, A. A. I. N., & Jampel, N. (2014). IMPLEMENTASI TEKNIK MAZEUNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 TK SHANTI KUMARA III SEMPIDI MENGWI BADUNG. Jurnal Pendas Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).
UDANI, I., Marhaeni, M., & Jampel, M. (2014). Implementasi Teknik Maze Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B2 TK Shanti Kumara III Sempidi Mengwi Badung. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 4(1), 123974.
Vediasmari, P. A., Suarni, P. D. N. K., & Magta, M. (2015). PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING BERBANTUA MEDIA Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha E-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1).
Wajannati, M. (2016). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Maze Angka. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (Jpppaud Fkip Untirta), 3(2), 105–114. Https://Doi.Org/10.1017/CBO9781107415324.004
Widalisma, M., & Lestari, N. D. (2017). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Media Cetak Dengan Media Elektronik Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi Di Universitas PGRI Palembang Merlyn. Jurnal PINUS, 3(1), 41–48. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29407/Pn.V3i1.972
Widyastuti, A. (2017). Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. PT Elex Media Komputindo.
Yulistari, N., Fatimah, A., & Sayekti, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif Maze Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Journal Of Chemical Information And Modeling, 5. Https://Doi.Org/10.1017/CBO9781107415324.004
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6712
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats