PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP PENGUATAN KARAKTER MANDIRI DAN RASA INGIN TAHU PADA SISWA KELAS II TEMA 3 (TUGASKU SEHARI-HARI) SUBTEMA 4 (TUGASKU DALAM KEHIDUPAN SOSIAL) PEMBELAJARAN 5 DI SDN KEBONDALEM-MOJOSARI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media puzzle dan pengaruh media puzzle dalam memperkuat karakter mandiri dan rasa ingin tahu pada kelas 2 SDN Kebondalem-Mojosari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan memberikan perlakuan (treatment) ke kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 2A sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas 2B sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan media puzzle dalam memperkuat karakter diri dan rasa ingin tahu pada siswa kelas 2 dalam tema ke-3 sub-tema ke-4 pembelajaran ke-5 di SDN Kebondalem-Mojosari dikategorikan sangat baik. Dan hasil uji hipotesis karakter mandiri dan rasa ingin tahu di kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa t hitung> t tabel atau Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh media puzzle terhadap penguatan karakter mandiri dan rasa ingin tahu di kelas 2, tema ke-3 sub-tema ke-4 pembelajaran ke-5 di SDN Kebondalem-Mojosari.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i2.5856
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com