PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V SDN 01 KARANGMULYO
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di kelas V yaitu siswa kesulitan dalam memahami materi ekosistem pada muatan IPA, karena kurangnya media pembelajaran yang membuat siswa bosan dalam belajar. Hal ini dipengaruhi karena kurangnya guru dalam mengkreatifkan media pembelajaran saat proses belajar mengajar. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memberikan solusi dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran Flipbook berbasis Augmented Reality. Jenis penelitian Research and Development (R&D) merupakan sebuah penelitian pengembangan yang digunakan peneliti sebagai metode untuk menyelesaikan dalam proses penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V SDN 01 Karangmulyo dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi secara langsung, angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument penelitian yang diajukkan oleh dua dosen ahli atau validator yaitu dosen ahli materi diperoleh persentase sebesar 93,75%, dosen ahli media memperoleh persentase 94,23%. Sedangkan hasil persentase guru sebesar 95,75%, untuk persentase siswa mendapatkan 98%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Flipbook berbasis Augmented Reality pada materi ekosistem kelas V SDN 01 Karangmulyo termasuk pada katagori “sangat layak” dan Layak digunakan” tanpa adanya revisi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kamelia, L. (2015). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR. IX(1).
Lestari, R. D., Huda, C., & Sundari, R. S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV “PERUBAHAN WUJUD ZAT” DI SDN TAMBAKROMO 03 KABUPATEN PATI. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri , 09(02), 2477–5673.
Masitoh, A., Guru, P., Dasar, S., Muhammadiyah, U., Tidar, J., 21, N., Magersari, K. M., Selatan, J., Tengah, I., & Kunci, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD The Influence of Jigsaw Learning Model Using Flipbook Media on Social Studies Learning Outcomes for Grade V Elementary School. 4(1), 21–27. https://belaindika.nusaputra.ac.id/indexbelaindika@nusaputra.ac.id
Nuvitalia, D., Patonah, S., Saptaningrum, E., & Rusilowati, A. (2016). ANALISIS KEBUTUHAN ALAT PERAGA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU. UPEJ, 5(2), 50229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015, Cet. XXI
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344
Yuanta, F., Guru Sekolah Dasar, P., & Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. In Desember (Vol. 1, Issue 2).
Yunanto, H. A., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Kontekstual Materi Ekosistem Muatan Pelajaran IPA Kelas V. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) , 8(3), 2442–9511.
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v3i2.20673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ayu Setyaningsih, Riris Setyo Sundari, Duwi Nuvitalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: sitifatonah@upgris.ac.id