PENGEMBANGAN DESAIN PERMAINAN BERBASIS ADVENTURE EDUCATION DALAM KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Melemahnya kemampuan sosial emosional pada diri peserta didik yang disebabkan oleh adanya penggunaan gadget yang berlebihan. Maka perlu adanya suatu tindakan ataupun kegiatan untuk membangun kembali kemampuan sosial emosional dalam diri peserta didik, salah satunya dengan kegiatan pengembangan kemampuan sosial emosional dengan bersosialisasi melalui kegiatan adventure education. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model penelitian Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Penelitian dan pengembangan desain dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Sumberejo 1. Hasil dari evaluasi yang sudah menyatakan bahwa desain permainan berbasis advanture education dalam menanamkan kemampuan sosial emosional sudah layak digunakan untuk menjawab kebutuhan siswa dan desain permainan berbasis advanture education sudah bisa digunakan sebagai pendamping buku pedoman untuk siswa dan guru. Hasil penelitian diperoleh dari validasi materi dan media. Hasil dari ahli media menunjukkan persentase 97% sedangkan hasil ahli materi menunjukan persentase 95%. Hasil analisis respon guru menunjukkan persentase (96%) dan hasil analisis respon siswa dari kelas III menunjukan persentase (92,5%) sedangkan hasil analisis lembar observer menunjukkan persentase (97%). Hal ini dapat disimpulkan bahwa desain permainan berbasis advanture education dalam menanamkan kemampuan sosial emosional dalam bentuk permainan advanture education yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan aspek sosial-emosional dan kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk anak usia 4-6 tahun.
Apriawan, B., Hadi, H., & Ardiyanto, A. (2021). Tinjauan sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani pada Sd Negeri di Kelurahan Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(2), 248-254.
Akmal, M. A. (2022). Pengembangan Model Permainan Passing The Castle Dengan Shielding The ball Pada Sepakbola Kelas VII SMP N 1 Balapulang. MAJALAH LONTAR, 34(1), 23-31.
Abdurakhman, O., & Rusli, R. K. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
Badi’ah, Z. (2021). Implikasi Teori Belajar Kognitif J. Piaget dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Audiolongual. Attractive: Innovative Education Journal, 3(1), 76-90.
BHAYANGKARI, K. K. PENGARUH PERMAINAN OUTBOUND TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK.
Isni, R. A. F., & Anugrah, D. (2021). Penanganan Kecanduan Gadget pada Anak Usia Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Wantilan, Kabupaten Subang. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(28), 149-165.
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v3i2.20658
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ade Shinta Nuriyah, Asep Ardiyanto, Qoriati Mushafanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: sitifatonah@upgris.ac.id