Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality Pada Materi Struktur Kristal
Abstract
Salah satu faktor berkembangnya pendidikan yaitu berkembangnya teknologi, pada proses pembelajaran salah satu komponen yang turut dikembangkan yaitu meida. Media merupakan alat perantara atau pengantar materi yang membangun kondisi yang membuat peserta didik mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang disampaikan oleh pendidik. Berdasarkan pengertian penelitian tersebut tujuan dari penelitian ini adalah mengembangan media pembelajaran Fisika berbasis Augmented Reality pada materi Struktur Kristal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Dalam pembuatan media ini mengkombinasikan modul pembelajaran dan pembuatan media 3D. Uji Validasi Media dilakukan oleh dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA dengan rata-rata nilai 92,3% dengan kategori sangat baik, sedangkan Uji Validasi Materi dilakukan oleh dosen Universitas Muhammadiyah Makassar dengan rata-rata nilai 89,6% dengan kategori sangat baik.
Full Text:
PDFReferences
Fatimah R A 2019 Teknologi Pendidikan Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran Pros.Semin.Nas. Teknologi Pendidikan 1 p 382–386
Audie N 2019 Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. FKIP 2 586-595.
Zamista A A 2019 Pengembangan Modul Fisika Berbasis Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Curricula 4 p 101
Simanjuntak E 2019 Peran Teknologi dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Era Revolusi 4.0 Pros. Semin. Nas. Teknol. Pendidik 1 p 429–434
Cahyaqi N N dan Supardiyono 2019 IPF Inov. Pendidik. Fis 8 p 727–731
Hartono H 2022 Pengaruh Aplikasi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Fisika SMA Negeri 1 Karangrayung Tahun Pelajaran 2021/2022 J. Penelit. Pembelajaran Fis 13 145–154
Sheftyawan W B S, Prihandono T dan Lesmono A D 2018 Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan four-tier diagnostic test pada materi optik geometri 1 Jurnal Pendidikan Fisika 7 147–153
Sagara A F 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Versi Android Pada Materi Virus Skripsi
Kurnia S 2019 Penyusunan Buku Elektronik Fisika SMA Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Suhu Dan Kalor (Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia)
DESTRA F H 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Visual Berbasis Augmented Reality Pada Materi Termodinamika Kelas XI (Repository UIN Raden Intan Lampung)
Purnamasari N L 2019 Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran TIK J. Pendidik. Dan Pembelajaran Anak Sekol. Dasar 5 23–30
Hidayat F dan Nizar M 2021 Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, J. Inov. Pendidik. Agama Islam 1 28–38
Ibisono H S, Achmadi H R dan Suprapto N 2020 Efektivitas buku saku berbasis augmented reality pada materi gerak planet untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMA Inov. Pendidik. Fis 09 200–206
Yovan R A R dan Kholiq A 2021 Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abstrak Siswa SMA pada Materi Medan Magnet PENDIPA J. Sci. Educ., 6 80–87
Noer A M 2021 The e-module development of reaction rate based on guided inquiry as independent teaching materials Journal of Physics: Conference Series 1806
Rafiqah R, Ikbal M S dan Budiarti A 2022 Analisis Intensitas Pemanfaatan Laboratorium dan Dampaknya terhadap Pembelajaran Fisika di SMA Negeri Se-Kabupaten Luwu Timur J. Ilm. Pendidik. Fis 6 247
Khunaeni L N, Yuniarti W D dan Khalif M A 2020 Pengembangan Modul Fisika Berbantuan Teknologi Augmented Reality pada Materi Gelombang Bunyi untuk SMA/MA Kelas XI Phys. Educ. Res. J. 2 83
Kause M C 2019 Rancang Bangun Alat Peraga Fisika Berbasis Arduino (Studi Kasus Gerak Jatuh Bebas) Cyclotron 2
Wati I F, Yuniawatika Y Y dan Murdiyah S 2020 Analisis Kebutuhan Terhadap Bahan Ajar Game Based Learning Terintegrasi Karakter Kreatif J. Pendidik. Karakter 10
Muhtar N A, Nugraha A dan Giyartini R 2020 Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT) J. Ilm. PGSD 7 20–31
Sugianto C A 2018 Aplikasi Edukasi Tata Surya Menggunakan Augmented Reality Berbasis Mobile Informatics Res. Dev 31–39
Sesilia F 2022 Perancangan Aplikasi 3D Desain Apel Menerapkan Augmented Perancangan Aplikasi 3d Desain Apel Menerapkan Augmented Reality
Septian M F dan Burhendi F C A 2022 Pengembangan Mini Glosarium Fisika Modern Sebagai Referensi Tambahan Peserta Didik Berbasis Augmented Reality 13 201–210
Sugiyono P D 2019 Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Bandung: CV Alf. ) cetakan ke-26 pp1–334
Rustandi A dan Rismayanti 2021 Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda,” J. Fasilkom. 11 57–60
DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.15763
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: jp2f@upgris.ac.id