Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Game Edukasi: Analisis Bibliometrik Menggunakan Software VOSViewer (2017-2022)
Abstract
Physics is one of the abstract subjects that require visualization so that learning media is needed so that students are able to understand the concepts studied. One of the learning media that displays visualization by utilizing technology in the form of educational games. This study aims to analyze the development of educational game learning media in physics learning with a bibliometric approach using VOSViewer software. The method used in this study is bibliometric analysis. There are 6 clusters of classification through VOSViewer software. The results of the study obtained articles used with the title "educational games" and "learning media", as well as the keyword "physics learning" began to increase rapidly in 2018, 2019, 2020, and 2021. The article was produced from various universities in Indonesia and uses Indonesian. In this study, 4 clusters were obtained that discussed the topic of developing educational game learning media in physics learning. For the topic of developing educational game learning media, it has been quite widely done, but for the topic of the effectiveness of the use of educational games in physics learning, it is still rare for a study to be carried out.
Keywords: educational games, learning media, physics learning, bibliometric, vosviewer.
Full Text:
PDFReferences
Atika A, Kosim K, Sutrio S, dan Ayub S 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis J. Ilm. Profesi Pendidik. 7 13–17
Zulfitria Z, Ansharullah A, dan Fadhillah R 2020 Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ 1
Ariani T dan Agustini D 2018 Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika SPEJ (Science Physic Educ. Journal) 1(2) 65–77
Andari R 2020 Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika ORBITA J. Kajian, Inov. Dan Apl. Pendidik. Fis. 6 135–137
Simaremare A, Promono N A, Putri D S, Mallisa F P P, Nabila S, dan Zahra F 2022 Pengembangan Game Edukasi Fisika Berbasis Augmented Reality pada Materi Kinematika untuk Siswa SMA J. Ilm. Pendidik. Fis. 6 203–213
Ady W N dan Warliani R 2022 Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan J. Pendidik. dan Ilmu Fis. 2 104–108
Dasmo D, Lestari A P, Alamsyah M 2020 Peningkatan hasil belajar fisika melalui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis ispring suite 9 SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2020 1
Nurfadilah N, Putra D P, dan Riskawati R 2021 Pembelajaran Daring Melalui Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Fisika J. Literasi Digit. 1(2) 108–115
Ikhbal M dam Musril H A 2020 Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android,” Inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag. 5 15–24
Erfan M, Widodo A, Umar U, Radiusman R, dan Ratu T 2020 Pengembangan Game Edukasi ‘Kata Fisika’ Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya Lect. J. Pendidik. 11 31–46
Putra D P 2021 Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan kartun 3D,” J. Literasi Digit. 1(2) 88–93
Irwanto I 2021 Perancangan Media Game Edukasi Untuk Mata Pelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Waterfall Di Smk Negeri 2 Kota Serang J. Inov. Penelit. 1(11) 2311–2322
Rozi F dan Kristari A 2020 Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas Xi Di Sman 1 Tulungagung JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform. 5 35–44
Millenia S H dan Sunarti T 2022 Analisis Riset Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains dalam Pembelajaran Fisika EDUKATIF J. ILMU Pendidik., 4 1051–1064
Astuti I A D, Sumarni R A, dan Saraswati D L 2017 Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android J. Penelit. Pengemb. Pendidik. Fis. 3 57–62
Dewi N K dan Suminten N 2020 Analisis Kebutuhan Game Edukasi Fisika Berbasis Mobile Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ 2 256–263
Wafiq K, Rosyid H, Kristari A, dan Sukmana F 2021 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PROTOTYPE JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform. 6(2) 448–456
Wati W dan Istiqomah H 2019 Game Edukasi Fisika Berbasis Smartphone Android Sebagai Media Pembeajaran Fisika Indones. J. Sci. Math. Educ. 2(2) 162–167
Anggeraeni R W, Rahmawati Y, Febriyana M M, dan Astuti I A D 2021 FINOT PHYSTOOL (Find Out Physics Tools) sebagai Media Pengenalan Alat-Alat Praktikum Fisika Berbasis Aplikasi Game Android J. Learn. Instr. Stud. 1 1–8
Cindi R P 2021 Analisis Bibliometrik Laboratorium Fisika Berbasis Media Pembelajaran Berteknologi Augmented Reality (UIN Raden Intan Lampung)
Ajinegara M W dan Soebagyo J 2022 Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Media Pembelajaran Google Classroom Menggunakan Aplikasi VOSViewer JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat. 6 193–210
Susanty S, Sukurni S, dan Siagian H J 2022 Analisis Bibliometrik Penelitian Pengobatan Herbal Penderita Hipertensi di Indonesia Menggunakan VOS-Viewer J. Keperawatan Silampari 5(2) 764–771
Setiyani L dan Rostiani Y 2021 Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Adopsi E-Commerce Menggunakan VOSViewer JTERA (Jurnal Teknol. Rekayasa) 6(2) 207
DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.13170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: jp2f@upgris.ac.id