MENUMBUHKAN SIKAP POSITIF DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MAHJONG TRIGONOMETRI

Ek Ajeng Rahmi Pinahayu

Abstract


Proses pembelajaran matematika yang dilaksanakan guru di kelas menjadi persoalan menarik untuk didiskusikan. Pembelajaran diharapkan dapat menumbuhkan atau meningkatkan sikap positif dan kreativitas peserta didik. Hal ini penting mengingat sikap positif terhadap matematika akan berkorelasi positif dengan prestasi belajar matematika. Selain sikap positif, kreativitas peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung juga merupakan modal untuk membangun konsep matematika sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik. Dengan demikian, guru hendaknya dapat menyampaikan matematika dengan cara yang menyenangkan, mudah dipahami, dan tidak membosankan bagi peserta didik. Tujuan penulisan makalah ini ialah untuk mengetahui pembelajaran yang dapat menumbuhkan sikap positif dan kreativitas peserta didik melalui media pembelajaran.Metode yang digunakan berdasarkan studi kepustakaan. Permainan matematika yang menarik, dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang sangat memungkinkan mengubah citra matematika sebagai mata pelajaran yang kurang disenangi, menjadi pelajaran yang menantang dan disenangi oleh peserta didik. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah permainan matematika di dalam kelas dengan pemanfaatan media pembelajaran. Mahjong trigonometri merupakan permainan Mahjong yang dikombinasikan dengan materi trigonometri dalam pembelajaran matematika. Penggunaan media pembelajaran Mahjong Trigonometri secara efektif dalam pembelajaran, diharapkan dapat membantu menumbuhkan sikap positif dan kreativitas peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Allan, P. B., Way, J., and Southwell, B. (2006). Mathematical Attitudes, Beliefs and Achievement in Primary Pre-service Mathematics Teacher Education. Mathematics Teacher Education and Development, 7, 33–52.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Budiyono. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS Press.

De Jong, T., Specht, M, & Koper, R. (2008). Contextualised Media for Learning. Educational Technology & Society, 11 (2), 41-53.

Graham, G., et.al. (1987). Children Moving. California, Mayfiel Publishing Co.

Harjanto. (2006). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan. (2013). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ignacio, N. G., Nieto, L. J. B., and Barona, E. G. (2006). The Affective Domain in Mathematics Learning. International Electronic Journal Mathematics Education, 1(1), 94-111.

Irianto, E.S. (2009). Penerapan Pembelajaran Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Bagi Siswa Kelas VIII SMP N 1 Rembang Tahun Pelajaran 2007/2008. Jurnal Widyatama Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, 6(1), 31-42.

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas ANAK BERBAKAT. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustika, Z. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Rudd, A.(1977). Two Types of Externalism. The Philosophical Quarterly, 47(189), 501507. Doi:10.1111/1467-9213.00074.

Nicolaidou, M. and Philippou, G. (2002). Attitudes Towards Mathematics, Self-efficacy and Achievement in Problem-Solving. European Research in Mathematics Education III, Thematic Group 2,1-11.

Offenholley, K. H. (2012). Gaming Your Mathematics Course: The Theory and Practice of Games for Learning.Journal of HumanisticMathematics,2(2),79-92.

Pujiadi. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan CD Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Peserta didik SMA Kelas X. Tesis. Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika UNNES, Semarang.

Rodgers, etc. (2005). The Effect of Instructional Media on Learner Motivation. International Journal of Instructional Media 32, 4, 333-342.




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.