PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL SCRAPBOOK BERBASIS STEM PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V SEKOLAH DASAR

Dwi Handayani Ratnasari, Diana Endah Handayani, Mei Fita Asri Untari

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan  kepraktisan bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM pada materi perpindahan kalor kelas V sekolah dasar sebagai referensi dan pendamping buku guru. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis data deskripstif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan dilakukan berdasarkan langkah pengembangan yaitu melakukan penelitian dan pengumpulan informasi dengan studi pendahuluan berupa angket dan observasi, informasi yang diperoleh diolah dan dianalisis, menyusun perencanaan, mengembangkan draft awal produk, melakukan uji validasi dengan validator materi dan media, melakukan uji lapangan awal di SD, dan merevisis hasil uji coba, pada tahap uji coba tidak terdapat revisi dari penilaian guru terhadap media. Berdasaran hasil penelitian, bahan ajar yang dikembangkan sudah masuk kategori “Sangat Valid” karena hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 98,8% dan hasil validasi dari ahli media memperoleh persentase sebesar 100% , sedangkan hasil penilaian angket respon guru memperoleh persentase 100%, dan hasil angket respon siswa memperoleh persentase 99% dengan kriteria sangat praktis.


Keywords


Pengembangan: Bahan Ajar: Digital Scrapbook Berbasis STEM

Full Text:

PDF

References


Afriana, J. P. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 202-212.

Aini, N. (2021). Pengembangan Media Digital Scrapbook Berbasis Android Materi Hubungan Gambar Lambang Negara Dengan Sila-Sila Pancasila Kelas II SD. JPGSD, 3299-3308.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Rosdakarya.

Fiasal, A. Z. (2020). Media Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Aplikasi Android untuk Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1-17.

Hidayah, P., & Untari, M. (2018). Pengembangan Media Sepeda (Sistem Peredaran Darah) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 306-310.

Lestari, D. A. (2018). Implementasi LKS dengan Pendektan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 202-207.

Lia, R. (2014). Mahar Scrapbook Kreasi Mahar Unik dengan Tema Menarik ala Scrapbook. Surabaya: Tiara Aksa PT Trubus Agrisarana, 5-7.

Monoarfa, M. &. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 1085-1092.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 24-28.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 17.

Riduwan. (2012). Skala pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sania, M. M. (2022). Pengembangan Digital Scrapbook Berbantuan Aplikasi Canva untuk Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 169-183.

Sugiarti, L., & Handayani, D. E. (2017). Pengembangan Media Pokari Pokabu (Pop-Up dan Kartu Ajaib Pengelompokkan Tumbuhan) Untuk Siswa Kelas III SD/MI. AL IBTIDA : JURNAL PENDIDIKAN GURU MI, 109-118.

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 164.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dwi Handayani Ratnasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.