IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT HARAPAN BUNDA SEMARANG

Anis Azizah, Muniroh Munawar, Ismatul Khasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM dalam Menumbuhkan Ketrampilan Berpikir Anak Usia 5-6 Tahun. Ketrampilan berpikir kritis memiliki peran penting bagi anak di era modern. Pembelajaran berbasis STEAM merupakan wadah yang tepat dalam membantu guru menumbuhkan ketrampilan berpikir kritis anak. Peneliti ingin mengetahui apakah implementasi pembelajaran STEAM di TKIT Harapan Bunda Semarang mampu menumbuhkan ketrampilan berpikir kritis anak dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. 

Berdasarkan hasil penelitian, implementasi pembelajaran berbasis STEAM mampu mendorong anak untuk mampu berpikir kritis, analitis, kreatif dan berpikir tingkat tinggi (HOTS: Higher, Order Thinking, Skill). Hal ini tidak terlepas dari kemampuan guru untuk memfasilitasi anak, memberikan invitasi kepada anak dan mendorong anak untuk terlibat  bereksplorasi semaksimal mungkin. .


Keywords


Implementasi Pembelajaran STEAM, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Limbong, Irmayani. 2019. “Perencanaan Pembelajaran Paud Berbasis STEAM (Science, Technology, Eingeneering, Art, Mathematic)” , Indonesian Jurnal ceria

Munawar, Muniroh. 2019. “Implementation of STEAM (Science Technology Engineering Arts Mathematic)- Based Early Childhood Education Learning in Semarang City”. Jurnal CeriaVol. 2 No. 5, September 2019.

Purnamasari, Ikaningtyas. 2020. “Stimulasi Keterampilan HOTs dalam PAUD Melalui Pembelajaran STEAM”. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES

Reswari, Ardhana. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Siswa Usia 5-6 Tahun”. JCE (Journal of Childhood Education) Vol. 5 No. 1 Tahun 2021

Riqah Humairah Amir. 2019. “Efektivitas Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Skripsi : Universitas Muhammadiyah makasar

Sa’ida, Naili. 2021. “Implementasi Model Pembelajaran Steam Pada Pembelajaran Daring”. Jurnal Review Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Surabaya Vol. Vol 7, No 2, Mei 2021

Sulaiman, Salmiati. 2020. “Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Siswa Usia Dini”. Jurnal Bimbingan Konseling, Universitas Syiah Kuala Vol. 05, No. 1 (hlm. 1-10)

Sutama Wayan. 2020. “Pengembangan Aktivitas Bermain Pemicu Kecakapan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Bagi Guru Tk Kecamatan Klojen Kota Malang”. Jurnal Graha Pengabdian, Universitas Negeri Malang Vol. 2, No. 1, Februari 2020, Hal 27-39,

Wahyuni, Sri. 2020. “Pengembangan Model Pembelajaran Sains, Technology, Art, Engineering And Mathemathic Pada Kurikulum PAUD”. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 2, Desember 2020

Yansyah Astri. 2021. “Penerapan Pembelajaran Steam Melalui Metode Proyek Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Tk Pelita”. Jurnal Ceria, IKIP Siliwangi, Vol.4, No.5, September 2021

Zubaidah , Siti. 2019. “STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21”. Seminar Nasional Matematika dan Sains dengan Tema “STEAM Terintegrasi Kearifan Lokal dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” di FKIP Universitas Wiralodra Indramayu, 19 September 2019




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.10059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 anis azizah F.R

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.