MEDIA VIDEO ANIMASI ANAK BERBASIS KEPEDULIAN LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN DONGENG UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan penggunaan media video animasi anak berbasis kepedulian lingkungan pada pembelajaran dongeng untuk siswa kelas IV sekolah dasar di Kota Semarang saat sekarang ini, 2) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa dalam pengembangan media video animasi anak berbasis kepedulian lingkungan pada pembelajaran dongeng untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kota Semarang, 3) mendeskripsikan prototipe media video animasi anak berbasis kepedulian lingkungan pada pembelajaran dongeng untuk siswa kelas IV sekolah dasar di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) mengadopsi dari Sugiyono yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut : 1) Studi Pendahuluan, yakni studi literatur dan studi lapangan, 2). Studi Pengembangan, meliputi: (1) desain produk awal, (2) koreksi desain dari para pakar, (3) revisi desain, (4) uji coba terbatas, (5) Focus Grup Diskusi (FGD), dan (6) revisi produk. Hasil penilaian validasi pakar/ahli menunjukkan presentase keseluruhan yang didapat adalah 95,6% atau jika dikonversikan ke dalam kriteria atau kategori mendapat predikat layak diujicobakan. Setelah divalidasi, media pembelajaran diujicobakan di sekolah yang diteliti dan mendapatkan penilaian guru kelas IV di dua sekolah tersebut, didapatkan hasil yaitu kelayakan penyajian media pembelajaran bagi guru mendapat nilai 96%, sedangkan hasil respon siswa mendapat nilai 89%, jika dikonversikan kedalam kriteria atau kategori mendapat predikat layak
Kata Kunci : Media, Video, Animasi, Kepedulian Lingkungan, Dongeng
ABSTRACTThis study aims to 1) describe the use of child animation video media based on environmental awareness in teaching fairy tales for fourth grade students of elementary schools in Semarang City today, 2) describe the needs of teachers and students in developing child animation video media based on environmental awareness in learning fairy tales for fourth grade elementary school students in the city of Semarang, 3) describe the prototype of children's animation video media based on environmental awareness in learning fairy tales for fourth grade elementary school students in the city of Semarang. This research was conducted using the Research and Development (R & D) method adopted from Sugiyono which includes the following steps: 1) Preliminary Study, namely literature study and field study, 2). Development Studies, including: (1) initial product design, (2) design corrections from experts, (3) design revisions, (4) limited trials, (5) Focus Group Discussions (FGD), and (6) product revisions . The results of the expert / expert validation assessment show that the overall percentage obtained is 95.6% or if converted into criteria or categories gets the predicate worthy of being tested. After being validated, the learning media was tried out in the school under study and got the grade IV teacher's assessment in the two schools, the results were that the feasibility of presenting learning media for teachers got a score of 96%, while the results of student responses got a score of 89%, if converted into criteria or categories got the title worthy Keywords: Media, Video, Animation, Environmental Concern, Fairy TalesFull Text:
PDF BAHASAReferences
Aqib Zainal, & Amrullah A. (2017). Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Yogyakarta.Gava Media.
Daryanto & Darmiatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. (2010). Pendidikan Karakter Teori& Aplikasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.
Farindhni, Dini A. 2018. Pengembangan Media Video Animasi Untuk Peningkatan MotivasiBelajar Dan Karakter Demokratis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tahun VIII: 2.Jurnal Pendidik Karakter. Universitas Negeri Yogyakarta.
Gusmaidar. 2016. Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng dengan Menggunakan Media Animasi Audiovisual Melalui Metode Think Pairs Share pada Siswa. Jurnal Penelitian Guru Indonesia – JPGI. Vol 1 No 1
Print ISSN: 2541-3163 - Online ISSN: 2541-3317. ICET Journal Publication,
Hakim, M. Nur. 2018.Penerapan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulu kumba.Jurnal penelitian pendidikan bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No. 2. Universitas Cokroaminoto Palopo.
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar Kata
Pengantar: Dr. H. Abdul Kodir, M. Ag. Bandung: Pustaka Setia.
Hidayah, Afifah N dan Nurhadija. 2018.Aktivitas Mendongeng Menggunakan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Moral. Jurnal Smart PAUD. Vol. 1 No. 1. Universitas Halu Oleo.
Ikawati, Any dkk. 2018. Digital Media Dongeng Berbasis Animasi Sebagai Inovasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.
LIKHITAPRAJNA Jurnal Ilmiah Vol. 20 No. 2. FKIP Universitas Wisnuwardhana2) LPPM Universitas Wisnuwardhana
Johari, Andriana dkk. 2014. Penerapan Media Video dan Animasi pada Materi Memvakum dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol.1, No.1. Departemen Pendidikan Teknik Mesin, FPTK UPI
Kemdiknas. (2010). Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Latifah. Febriani, Meina. 2012. “Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Dongeng Banyumas Bagi Siswa SD Kelas Rendah”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 1, No. 1, Hal.1-8. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.
Lesiangi, Brian N, dkk. 2015. Perancangan Animasi Untuk Mendukung Proses Bercerita Dongeng ”Hiu Murah Senyum” dengan Teknik Projection Mapping. Jurnal DKV Adiwarna Vol. 1 No. 6. Universitas Kristen Petra.
MB.Rahimsyah.Ar. (2004). Kumpulan ,CeritaLegenda Dongeng Rakyat Nusantara . Jakarta: Bintang Indonesia Jakarta . Mulyasa. H.E.2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Najib M, dkk (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta. Gava Media
Nirmawan, Nimawan. 2014. Media Animasi
Berorientasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kajian Menulis).Edukasi Kultura : Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya. Vol. 1 No. 2:63-70.Universitas Muslim Nusantara.
Nuraina, dkk. 2018. Digital Media Dongeng Berbasis Animasi sebagai Inovasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. LIKHITAPRAJNA Jurnal Ilmiah. Volume20, Nomor 2. FKIP Universitas Wisnuwardhana2) LPPM Universitas Wisnuwardhana.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Sastra.Yogyakarta : Gajah Mada University Press Partokusumo.
Prabowo, Nugroho Agung dan Warjiyono.2014. Perancangan Animasi Dongeng untuk Pendidikan Anak Usia Dini Guna Melatih Kecerdasan Moral dan Linguistik. Jurnal Program Studi Manajemen Informatika1, Evolusi Vol.II No. ISSN:2338-8161.
AMIK BSI Purwokerto, AMIK BSI. Priyono, Kusumo. 2006. Terampil Mendongeng. Jakarta: PT Gramedia WidisaranaIndonesia
Purnomo, Wahyu dan , Wahyu Andreas. 2013.Animasi 2D untuk SMK/MAK XII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Purwanti, Dwi. 2017. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Dwijacendekia Jurnal Riset Pedagogik Vol.1 No. 1. Universitas Sebelas Mare
Purwanto, Agus dan Sutanto, Yudi. 2017.Pembuatan Media Presentasi AnimasiCerita Rakyat untuk Anak Usia Dini dengan Konsep Pemilihan Alternatif Alur Cerita. Jurnal Dasi.Vol. 18. No. 4:43-48. Universitas Amikom Yogyakarta.
Putri, Puji Handayani. 2016. Edutainment Animasi Dongeng Pendidikan Guna Mengembangkan Potensi Peserta Didik dalam Melatih Perilaku Disiplin dan Kecerdasan Spiritual. Jurnal Dinamika Informatika Volume 5, Nomor 2, ISSN1978-1660. Fakultas Teknik, Universitas PGRI Yogyakarta.
Sadiman, Arief S, dkk. 2018. Media PendidikanPengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: Rajawali PERS. Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Modal Pendidikan Karakter.Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Siswati dan Damayanti, Endah. 2019. Animasi2D Dan 3D SMk/MAK Kelas XI. Malang: PT. KUANTUM BUKU SEJAHTERA.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, kuantitatif R&D. Bandung:Affabeta.
Suheri, Agus. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran, Jurnal Media Teknologi, Vol., No.1.Cianjur:universitas suryakencana.Sukirman dan Irma Yuliana. 2018. Prinsip Dasar Pengembangan Animasi 2D dan 3D Menggunakan OpenToons dan Blender. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Sukiyasa, Kadek dan Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1. Universitas Negeri Yogyakarta.
Surbakti, Horison dan Juwita, Putri.2018. Penerapan Metode Pembelajaran 4 M dan Media Animasi Film Kartun dalam Pembelajaran Dongeng SD Negeri 101958 Desa Kuala Lama Kec.Pantai Cermin Kab.Serdang Bedagai. Vol. 1 No. 1. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Universitas Muslim Nusantara Washliyah Medan.
Susanti, Widi. 2016.Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Anak Melalui Penggunaan Media Film Animasi The Improvement Of Children Stories Listening Skill Through Animation Films. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 9 Tahun ke-5. PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. Syaodih S, Nana. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wibawanto, Wandah. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
Wuryanti, Umi dan Badrun Kartowagiran. 2016.Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VI, Nomor. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v6i1.8271
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.