DESAIN SISTEM INFORMASI PEMASARAN PRODUK KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI KOMPUTERISASI AKUNTANSI UNIVERSITAS STEKOM SEMARANG BERBASIS WEB DAN MOBILE
Abstract
Sistem informasi pemasaran produk kewirausahaan mahasiswa universitas STEKOM belum dibuat sehingga mahasiswa menjual produk kewirausahaannya dengan dijual di medsos secara individu, sehingga kampus tidak bisa mendeteksi jumlah karya produk mahasiswa. Pada penelitian menggunakan metode R&D. Metode pengembangan yang peneliti gunakan yaitu metode waterfall. Metode waterfall merupakan model pengembangan sistem informasi yang sistematik dan sekuensial. Hasil kelayakan ahli materi 1 dan 2 adalah 75% dan 90% media tersebut layak digunakan, hasil ahli media 1 dan 2 adalah 94% dan 76% layak digunakan. Hasil uji coba responden Hasil perhitungan dari uji responden mendapatkan 80% termasuk dalam kriteria “layak”. uji secara efektif pada tahap ini akan dilakukan penyebaran angket untuk 4 dosen di Universitas STEKOM untuk hasil dari hasil uji coba efektivitas 1 memperoleh 85 % sedangkan hasil kedua memperoleh nilai 90 %. Maka disimpulkan bahwa Desain sistem informasi pemasaran produk berbasis web dan mobile di Universitas STEKOM layak digunakan secara efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansar, Nurdian Ramadhani. 2019. “Implementasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Online Di SMK Negeri 6 Makassar.” Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan 4(1):65. doi: 10.26740/jdmp.v4n1.p65-72.
Antasari, Kadek Chendi, and Pt D’yan Yaniartha S. 2015. “Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Penggunaan Teknologi Informasi Pada Kinerja Individual Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi.” E-Journal Akuntansi Universitas Udayana 10(2):354–69.
Aris, Aris, Ryan Anggara, and Zaimi Akhmad Zamzami. 2016. “Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada PKBM Bhakti Sejahtera.” Cices 2(1):87–98. doi: 10.33050/cices.v2i1.215.
Irsandi, J. S., Fitri, I., & Nathasia, N. D. (2021). Sistem Informasi Pemasaran dengan Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Website menggunakan Metode Waterfall dan Agile. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 5(4), 346-353.
Driyani, Dewi. 2018. “Perancangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar Berbasis Android Menggunakan Metode Rekayasa Perangkat Lunak Air Terjun ( Waterfall ).” STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi) 3(1):35. doi: 10.30998/string.v3i1.2725.
Enterprise, J. 2016. Pemrograman Bootstrap Untuk Pemula. Elex Media Komputindo.
Farozi, Mohamad. 2016. “RANCANG BANGUN WEBSITE GAMIFIKASI SEBAGAI HASIL BELAJAR MAHASISWA Studi Kasus : AMIK Lembah Dempo Pagar Alam.” 6–7.
Imania, Kuntum Annisa, and Siti Khusnul Bariah. 2019. “Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring.” Jurnal Petik 5(1):31–47. doi: 10.31980/jpetik.v5i1.445.
Kasus, Studi, and Pada Klinik. 2019. “Tugas Akhir Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Klinik Kandungan Berbasis Web.”
Marlena, Nur, and Dimas Sasongko. 2010. “Pembuatan Website Profil Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kartasura.” Jurnal Speed 2(3):7–14.
Membara, Eko Putra, Liza Yulianti, and Indra Kanedi. 2014. “Sistem Informasi Akademik Smp Negeri 2 Talang Empat Berbasis Web.” Media Informatika 10(1):72–80.
Mukrodin, Mukrodin. 2020. “Implementasi Metode Waterfall Dalam Membangun Sistem Informasi Sekolah Di Smk.S Al Habibatain Bumiayu.” ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi 2(1):34–47. doi: 10.31849/zn.v2i1.4266.
Noer, Muhamad Zeni, and Andrian Ramadhan. 2019. “Sub Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Di Smk Mjps 3 Kota Tasikmalaya.” Jurnal Teknik Informatika 7(1):1–6.
Perpustakaan, Informasi, Berbasis Web, Studi Kasus, and S. M. K. Negeri Padang. 2020. “Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi.” (April). doi: 10.35134/pti.v7i1.1321.
Ramdhan, Nur Ariesanto, and Dimas Wahyudi. 2019. “38-Article Text-43-1-10-20190820.” 1(1):56–65.
Ridlo, Ilham Akhsanu. n.d. “Pedoman Pembuatan Flowchart.”
Risanty, Rita Dewi, and Ade Sopiyan. 2017. “Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (Ft-Umj) Dengan Metode Polling.” Seminar Nasional Sains Dan Teknologi (November):1–9.
Sa`ad, M. I. 2020. Otodidak Web Programming: Membuat Website Edutainment. Elex Media Komputindo.
Sasmito, Ginanjar Wiro. 2017. “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal.” Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT) 2(1):6–12.
Siyoto, S., and M. A. Sodik. 2015. DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing.
Snadhika Jaya, Tri. 2018. “Pengujian Aplikasi Dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung).” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT) 03(02):45–48.
Sutrisno, Sutrisno-, Aprih Widayanto, and Muhammad Robbi Syahiri. 2020. “Aplikasi Sistem Informasi Pemendek URL (SI SOUP) Berbasis Web.” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 6(1):94–106. doi: 10.31294/ijse.v6i1.8099.
Syamsiah, Syamsiah. 2019. “Perancangan Flowchart Dan Pseudocode Pembelajaran Mengenal Angka Dengan Animasi Untuk Anak PAUD Rambutan.” STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi) 4(1):86. doi: 10.30998/string.v4i1.3623.
Tolchah, M. 2010. Analisis & Interpretasi Data Statistik Kependidikan. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama R.I.
Usada, Elisa, Yana Yuniarsyah, and Noor Rifani. 2012. “Rancang Bangun Sistem Informasi Jadwal Perkuliahan Berbasis Jquery Mobile Dengan Menggunakan PHP Dan MySQL.” JURNAL INFOTEL - Informatika Telekomunikasi Elektronika 4(2):40. doi: 10.20895/infotel.v4i2.107.
Yunus, Yuliawati. 2019. “PRAKTIKALITAS SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS MOBILE WEB ( Studi Kasus SMK Negeri 7 Padang ).” KomtekInfo 5(3):54–60. doi: 10.29165/komtekinfo.v5i3.152.
Yusuf, Alif. 2015. “Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri ANALISIS PENERAPAN METODE.” Ekonomi Akuntansi 01(08):1–13.
DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v5i2.13771
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.