Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Ruangguru Dan Media Pembelajaran Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi

Fajar Rahmadani, Novika Wahyuhastuti

Abstract


ABSTRACTS

Fajar Rahmadani, This research is entitled 'The Effect of Utilizing Ruangguru Applications and Teacher Learning Media on Learning Outcomes in Economics Subjects. This research raises from the complaints of students during carrying out learning at school, including the difficulties of students to understand the concept of subjects. Learning materials are also only used slide powerpoint It's just because the teacher doesn't have time or even can't make animated video subject matter, so that during the learning process students tend to get bored quickly because the learning media is less varied. Lecture and discussion learning methods used by teachers are too often relied on during learning activities. This of course affects student learning outcomes Student learning outcomes of course have different results, there are students who get satisfactory results and some whose results are unsatisfactory. This is inseparable from the ways, methods and learning models used by the teacher to explain the lessons given. However, this must be made as appealing as feasible to pique the students' interest in the teachings. This study aimed to determine the impact of using the Ruangguru application and teacher learning media on economics subject learning outcomes. This quantitative study employs social studies majors using the Ruangguru application as research subjects. This study's sample consisted of 100 pupils from across Indonesia. (1) The use of the Ruangguru application has a positive impact on the outcomes of economics studies, with a t-count value of 4,078 > t-table 1.984 and a significance level of 0.000 < 0.05. (2) With a t-count value of 5,706 > t-table 1.984 and a significance value of 0.000 < 0.05, teacher learning media has a positive effect on economics learning outcomes. (3) The combined use of the Ruangguru application and teacher learning media has a positive effect on economic learning outcomes, with F count 80.155 > F table 3.09 and a significance value of 0.000 < 0.05. The R Square value for the coefficient of determination is 0.626, so it can be concluded that the variables Ruangguru (X1) and learning media (X2) influence economic learning outcomes (Y) by 62.6%, while the remaining 37.4% is influenced by other factors not investigated in this study, including learning interest, learning motivation, learning discipline, learning independence, and learning achievement.

Keywords : Ruangguru Application, Learning Media, Learning Outcomes

 

 

ABSTRAK

Fajar Rahmadani, Penelitian ini berjudul ‘Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Ruangguru dan Media Pembelajaran Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Penelitian ini mengangkat dari keluh kesah siswa selama melaksanakan pembelajaran di sekolah, diantaranya yaitu kesulitan siswa untuk memahami konsep mata pelajaran. Bahan pelajaran juga hanya bermodalkan slide powerpoint saja karena guru tidak sempat atau bahkan tidak bisa membuat video materi pelajaran beranimasi, sehingga selama pembelajaran berlangsung siswa cenderung cepat merasa bosan karena media pembelajaran kurang bervariatif. Metode pembelajaran ceramah dan diskusi yang digunakan guru, terlalu sering diandalkan selama kegiatan pembelajaran. Tentunya hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Jelas, hasil belajar siswa berbeda-beda, sejumlah siswa yang mencapai hasil yang baik serta ditemukan pula sejumlah siswa yang nilainya kurang memenuhi standar. Hal sangat dipengaruhi sejumlah aspek yakni metode, model, serta cara pembelajaran yang dipakai pengajar guna menjelaskan ajaran. Namun, hal ini harus disiapkan dengan baik agar menarik sehingga mampu membangkitkan motivasi belajar para peserta didik dalam pengajaran. Tujuan dari studi ini ialah guna melihat dampak pemakaian aplikasi Ruangguru dan media pengajaran guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Studi kuantitatif ini menggunakan jurusan IPS dengan menggunakan aplikasi Ruangguru sebagai subjek penelitian. Studi ini melibatkan 100 siswa dari seluruh Indonesia sebagai sampel yang bakal diteliti. (1) Aplikasi Ruangguru berdampak positif terhadap hasil belajar ekonomi, dengan t hitung 4,078 > t tabel 1,984 dan taraf signifikansinya 0,000 < 0,05. (2) T-hitung nya mempunyai nilai 5,706 > t tabel 1,984 dan besar signifikansinya 0,000 < 0,05, media pembelajaran guru mempunyai dampak positif bagi hasil belajar ekonomi. (3) Penggunaan gabungan aplikasi Ruangguru dan media pembelajaran guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi yang diperlihatkan melalui F hitung 80,155 > F tabel 3,09 dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Nilai R Square untuk koefisien determinasi sebesar 0,626, sehingga bisa diambil kesimpulan bahwasanya variabel Ruangguru (X1) dan media pembelajaran (X2) berdampak bagi hasil belajar ekonomi (Y) senilai 62,6%, sedangkan sisa dari angka tersebut sejumlah 37,4% ialah akibat dari sejumlah faktor tidak diselidiki dalam penelitian ini. Penelitian ini meliputi variabel minat belajar, disiplin belajar, motivasi belajar, prestasi belajar, dan kemandirian belajar.

Kata Kunci : Aplikasi Ruangguru, Media Pembelajaran, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, A. (2015). Belajar Dan Pembelajaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Djamarah, S. B., dan Zain, A (2014). Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta : PT. Rineka Cipta).

Mukhlisin, dkk (2019). Pengembangan Modul Praktikum Mata Kuliah Perbaikan Dan Perawatan Peralatan Audio Video Elektronika Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Ft-Unm. Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Hlm. 4-5.

Purwanto, M. N (2014). Psikologi Pendidikan, Cet 27.PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ricardo, & Meilani, I (2017). Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 2, No. 2, Juli, Hal. 194.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2019). Media Pengajaran. PT. Sinar Baru Algensindo, Jawa Barat.

Sudjana, Nana (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosda Karya, Jawa Barat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.