Pengembangan Media Game Edukasi “Animal and Plant” Untuk Pembelajaran Nama Hewan dan Tumbuhan

Akhmad Syafroni Affandi

Abstract


Penelitian ini menghasilkan game edukasi animal and plant berupa game edukasi berbasis computer menggunakan UNITY. Pembelajaran dilakukan secara konvensional dengan metode ceramah dan siswa mengerjakan soal latihan, maka perlu dikembangkan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Game edukasi yang dirancang diharapkan bisa meningkatkan hasil belajar dan prestasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesai khususnya materi pengenalan nama hewan dan tumbuhan. Jenis data dalam penelitian ini adalah (1) hasil validasi ahli media (2) hasil validasi ahli materi, dan (3) data hasil uji coba kelompok kecil. Validasi oleh ahli media mendapatkan nilai 84%, dengan nilai sebesar 84% dengan produk ini bisa digunakan oleh pendidik dan peserta didik dengan tanpa revisi. Validasi oleh ahli materi diperoleh nilai sebesar 78%, dengan nilai tersebut produk ini bisa digunakan oleh pendidik dan peserta didik dengan revisi sesuai saran uji coba kelompok kecil dengan sejumlah siswa sebanyak 10 anak memperoleh nilai 84%, dimana dengan angka tersebut produk ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.


 This research produced an animal and plant educational game in the form of a computer-based educational game using UNITY. Learning is done conventionally with the lecture method and students work on exercises, it is necessary to develop more creative and innovative learning models. The educational game that is designed is expected to improve student learning outcomes and achievements in Indonesian subjects, especially the material recognition of animal and plant names. The types of data in this study are (1) the results of the validation of the media experts (2) the results of the validation of the material experts, and (3) the results of the small group trial data. Validation by media experts gets a value of 84%, with a value of 84% with this product can be used by educators and students with no revisions. Validation by material experts obtained a value of 78%, with this value this product can be used by educators and students with a revision according to the suggestion of a small group trial with a number of students as many as 10 children scored 84%, which with these numbers the product is suitable for use as a learning medium


Full Text:

PDF

References


A. Pribadi , Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Adi, Puji. 2013. Pengembangan Game Edukasi untuk Media Bantu Pembelajaran Drill and Practice sebagai Persiapan Siswa Menghadapi Ujian Nasional Matematika SMA. Jateng.

Agus dan Khairani. 2017. Membangun Third Person Game 3D dengan Unity Berlatar Budaya Lokal. Banjarmasin.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Angkowo, R. Dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Arif, Rahman Ridwan. 2016. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya dalam 3 Bahasa sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Garut.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Ayu, Prisma Dewi Dewa. 2017. Pengembangan Game Edukasi “Krishna Adventure dengan Metode Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning). Surabaya.

Binanto, I. 2010. Multimedia Dasar-dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta

Handriyanti, Eva, S.Kom, M.MT. 2009. Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Kmputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Malang: Sekolah Tinggi Informasi & Komputer indonesia.

Henson, Ryan Creighton. 2010. Unity 3D Development By Example Beginner’s Guide.

Kurniawan, Iwan. (2012, 08 Desember). Jurnal Pengembangan Media Pembelajaran. Dikutip 27 September 2019 Dari Pengembangan Media Pembelajaran.

Maribe, R Branch. 2009. Instructional Design : The ADDIE Approach. New york.

Musfiqon, HM. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembeajaran. Jakarta: Pustaka Publisher.

Panjianto, Tri. 2017. Media GAED (Game Edukasi) Dalam Pembelajaran (Implementasi Game Edukasi Dalam Pembelajaran Anak). Cirebon.

Permatasari, Indah Ayu. 2015. Penggunaan Metode ADDIE dalam Proses Pelatihan dan Pengembangan, https:/id.linkedin.com/pulse/penggunaan-metode-addie-dalam-proses-pelatihan-dan-consulting-group (online) diakses 10 November 2019.

Putranto, Adhi. 2012. Pengembangan Game Edukasi Klasifikasi Hewan Menggunakan Adobe Professional CS5 Sebagai Media Pembelajara. Yogyakarta.

Randi. 2014. Pengembangan Game Edukasi Nama Hewan dan Habitatnya. Garut. STT Garut.

Rizky, Jamiah. Model ADDIE. 2016, http:/makalahrizqijamiah.blogspot.co.id/2016/10/model-addie.html (online) diakses 10 November 2019.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Setyosari & Sikhabudin, Media Pembelajaran (Malang : Elang Emas, 2005) h. 64.

Sholikh, Amilia. 2016. Tahap Evaluasi Dalam Model Pembelajaran ADDIE. Malang

Sukini, Iskandar. 2009. Bahasa Indonesia. Jakarta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Preastasi Pustaka Publisher.

Wati, M.S. 2016. Pengembangan Game Meboros Kidang sebagai Bentuk Pelestarian tradisi Medoros di Bali. Jurnal Ilmiah Kamapati, Vol. 5 No. 1.

Widodo, Riyanto. 2015. Peran Teknologi Bagi Kemajuan Pendidikan. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of JSIP (Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan)

ISSN 2985-5012

FIP Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Padmi Dhyah Yulianti, S. Psi., M. Psi. Psikolog
WhatsApp : 089510884896
Email: padmidyah@upgris.ac.id