Pengaruh Bermain Smartphone Terhadap Agresivitas Anak

Silvie Mil, Shakira Shanzivani

Abstract


Abstract

Technological developments affect the phases of child development, one of the emotional emotional developments that have an impact on children's aggressive behavior. The purpose of this study was to determine how playing smartphones impacts the aggressiveness of children aged 5-6 years. This research uses a quantitative method. The data collection technique used purposive sampling and the subjects in this study were 120 children in Kindergarten, Ciracas District, aged 5-6 years. The results of this study indicate that playing smartphones has a significant impact on aggressive behavior shown by children, such as crying, getting angry, hitting, and hitting. However, playing smartphones does not always cause children to behave aggressively. This depends on the intensity of smartphone playing, the applications used and the content that children access when playing smartphones.

Keywords: Smartphone; Early Childhood; Aggressive Behavior

Abstrak

Perkembangan teknologi mempengaruhi fase perkembangan anak, salah satu perkembangan siosial emosional yang berdampak pada perilaku agresif anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana bermain smartphone berdampak pada agresivitas anak-anak berusia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling dan subjek dalam penelitian ini. 120 anak di TK Kecamatan Ciracas yang berusia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bermain smartphone memiliki dampak yang signifikan terhadap perilaku agresif yang ditunjukkan anak-anak, seperti menangis, marah, memukul, dan bertengkar. Akan tetapi bermain smartphone tidak selalu menyebabkan anak-anak berperilaku agresif. Hal ini tergantung pada intensitas bermain smartphone, aplikasi yang digunakan dan konten yang diakses anak saat bermain smartphone.

Kata kunci: Smartphone; Anak Usia Dini; Agresivitas


Keywords


Smartphone; Anak Usia Dini; Agresivitas

Full Text:

PDF

References


Agus Syarifuddi Syam. (2021). Hubungan Menonton Tayangan Kekerasan Dengan Perilaku Agresif Siswa Mas Al-Washliyah Tanjung Pasir.

Andrita, A., Rondo, A., Franly, H. I. S. W., Program, O., Ilmu, S., & Fakultas, K. (2019). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Perilaku Agresif Siswa Di Sma N 2 Ratahan. Ejournal Keperawatan (E-Kp), 7(1).

Anggraen, A. H. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa Sma. Jurnal Ppkn & Hukum, 13, 66.

Bayu, D. (2022, June 10). Apjii: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta Pada 2022. Dataindonesia.Id.

Deotama, F. H., & Lestari, G. D. (2021). Hubungan Antara Tingkat Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Pg/Tk Asa Cendekia Pepe, Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo. J+Plus Unesa, 10.

Dinda Berliana, Laily Rosidah, & Tri Sayekti. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 23–37. Https://Doi.Org/10.19105/Kiddo.V3i1.5065

Fitri, A. N., & Nailul, S. (2021). Pengaruh Menonton Animasi Bagi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 144–149. Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V10i2.40737

Gentile, D. A., Anderson, C. A., Yukawa, S., Ihori, N., Saleem, M., Ming, L. K., Shibuya, A., Liau, A. K., & Khoo, A. & Bushman, B. J. (2009). The Effects Of Prosocial Video Games On Prosocial Behaviors: International Evidence From Correlational Longitudinal, And Bulletin, Experimental Studies. Personality And Social Psychology, 35(6), 752– 763.

Heni, H., & Mujahid, A. J. (2018). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Pra-Sekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 2(1), 330–342. Https://Doi.Org/10.31539/Jks.V2i1.341

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V5i3.38996

Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini Pada. Thufula, 8, 16.

Hyangsewu, P., Islamy, M. R. F., Parhan, M., & Nugraha, R. H. (2021). Efek Penggunaan Gadget Terhadap Social Behavior Mahasiswa Dalam Dimensi Globalisasi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 127–136. Https://Doi.Org/10.21831/Jpipfip.V14i2.39156

Janah, M. (2019). Hubungan Intensitas Menonton Youtube. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 12–26.

Lauricella, A.R., Cingel, D.P., Beaudoin-Ryan, L., Robb, M.B., Saphir, M., & Wartella, E. A. (2019). The Common Sense Census: Plugged-In Parents Of Tweens And Teens. San Francisco, Ca: Common Sense Media. The International Encyclopedia Of Media Literacy, 2. Https://Doi.Org/10.1002/9781118978238.Ieml0167

Lee, J., & Lee, J. (2016). Future Of The Smartphone For Patients And Healthcare Providers. Healthcare Informatics Research, 22(1), 1–2.

Lestari, L. D. (2020). Pentingnya Mendidik Problem Solving Pada Anak Melalui Bermain Article Info Abstract. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100–108.

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadgetdalam Kehidupan(The Effect Of Use Of Gadget In Life). Jurnal Kopasta, 5(2), 62.

Mastuinda, D. S. (2021). Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho, 4(1).

Maulia, R., Jannah, M., & Ariani, D. (2020). Hubungan Pola Bermain Gadget Dengan Kemampuan Kognitif Dan Berpikir Kreatif Pada Anak Usia Prasekolah (5-6 Tahun) Di Tk-Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Cita Insani Malang. Journal Of Issues In Midwifery, 4(1), 29–40. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Joim.2020.004.01.4

Mcdaniel & Radesky, J. S. (2017). Technoference: Parent Distraction With Technology And Problems, Associations With Child Behavior. Child Development, Epub Ahead Of Print.

Mega Kumala, A., Margawati, A., & Rahadiyanti, A. (2019). Hubungan Antara Durasi Penggunaan Alat Elektronik (Gadget), Aktivitas Fisik Dan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Remaja Usia 13-15 Tahun. Journal Of Nutrition College, 8(2), 74. Http://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jnc/

Neviyarni, Karneli, Y., Firman, & Yulidar. (2020). Pengembangan Modul Konseling Kreatif Dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 6(1). Http://Ojs.Uniska.Ac.Id/Index.Php/Bka

Nitakusminar, M., Susilowati, E., & Koswara, H. (2020). Intervensi Kontrol-Diri Terhadap Perilaku Agresif Anak Jalanan Di Kota Cimahi. Peksos: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial, 19(2).

Nugraheni, L., & Christiana, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Agresif Anak Usia Dini Dan Penanganan Konselor Di Tk Bina Anak Sholeh (Bas) Tuban The Factors Of Aggressive Behavior’s Influence And Counselors Handling In The Early Childhood In Tk Bina Anak Sholeh (Bas) Tuban. Jurnal Bk Unesa, 04, 338–346.

Ompusunggu, K., Elisa Silaban, L., Aliando Padang, L., & Nababan, D. (2022). Pengabdian Masyarakat Kepada Pemuda Awal Mengenai Dampak Gadget Di Smk St.Nahanson Parapat Sipoholon. In Jurnal Penyuluhatrisnawati Hutabarat,Trisnawati Trisnawati Julyn Masyarakat Indonesia (Vol. 1, Issue 4). Https://Jurnal2.Untagsmg.Ac.Id/Index.Php/Perigel14

Paswaniati, Pahrul, Y., & Nurmalina. (2021). Perilaku Agresif Fisik Anak Usia Dini Di Desa Gerbang Sari Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Journal On Teacher Educationresearch & Learning In Faculty Of Education Jote, 2(2).

Puadah, M. S., Rachmah, H., & Mulyani, D. (2022). Analisis Dampak Negatif Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Daerah X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud (Jrpgp), 81–86.

Putriana, K., Pratiwi, E. A., & Wasliah, I. (2019). Hubungan Durasi Dan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Di Tk Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7.

Radesky, J. S., & Domoff, S. E. (2019). Mobile Media And Parenting. The International Encyclopedia Of Media Literacy, 1–6. Https://Doi.Org/10.1002/9781118978238.Ieml0167

Rahiem, M. D. H., Fitri, A., & Faeruz, R. (2022). Video Pembelajaran Dan Lembar Kerja Pada Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3967–3980. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i5.2435

Rahmalah, P. Z. Dkk. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.

Sa’idah, Z. (2022). Pandemi Covid-19: Problematika Belajar Melalui Media Daring Di Ra Salafiyah Surabaya. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 429–442. Https://Doi.Org/10.26877/Paudia.V11i1.10209

Sugiarti, Y. H. A. (2022). Pembatasan Penggunaan Gadget Terhadap Anak Dibawah Umur Oleh Orang Tua. Jurnal Jendela Hukum, 82.

Sulistiawati, Y. Dkk. (2019). Engaruh Penggunaan Gadget And, Terhadap Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di Kabupaten Pesawaran Lampung. Ellness Healthy Magazine, 1(2), 255–260.

Sumbogo, A. K., Purwadi, P., & Sagala, A. C. D. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perilaku Agresif Pada Anak Tk Di Taman Kanak-Kanak Kristen Tritunggal Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.26877/Paudia.V7i2.3263

Susmiati, Saida, N., & Abidin, R. (2020). Tingkat Agresivitas Anak Usia 4-5 Tahun Pada Keluarga Dengan Pola Asuh Kekerasan Di Paud Khodijah Aisyiyah Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Pedagogi: Jurnalanakusiadinidanpendidikananakusiadini, 6(1), 76–82.

Syarah, T. A., Purwadi, & Hariyanti, D. P. D. (2019). Upaya Mengurangi Agresivitas Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Tangga Pelangi. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 190–197.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 527–533. Ttps://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jisd/Index

Ulah, S. A., Muslimin, M., & Rozi, S. (2020). Pengaruh Game Online Dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Agresif Siswa. Dignity And Rahmatan Li Alamin.

Usman, D. O., Bus, M., & Susanto2, V. A. (2019). The Effect Of The Use Of Learning Media (Gadgets), Learning Independence, And Learning Motivation On Learning Achievement Of Office Administrative Education Students For The 2019 State University Of Jakarta Preliminary. Www.Onlinedoctranslator.Comelectroniccopyavailableat:Https://Ssrn.Com/Abstract=4130762

Yanizon, A., & Sesriani, V. (2019). Penyebab Munculnya Perilaku Agresif Pada Remaja. Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 6(1), 23–36. Https://Doi.Org/10.33373/Kop.V6i1.1915




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.15867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Shakira Shanzivani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand