Pengenalan Permainan Tradisional Melalui Kegiatan Indonesian Culture Week di Semarang Multinational School
Abstract
Kurangnya pengenalan dan edukasi permainan tradisional di sekolah bertaraf internasional menjadi problem tersendiri dalam upaya pelestarian budaya khas Indoensia. Metode pengabdian yang dilakukan meliputi Planning, Screening, Implementation, Evaluation, and Reporting. Pelaksanaan melibatkan semua guru dan siswa di sekolah tersebut. Data dalam kegiatan pengabdian diambil melalui observasi dan wawancara. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta kegiatan pengabdian merasa senang dengan kegiatan yang dilakukan secara langsung praktik dilapangan. Selama proses kegiatan pengabdian, peserta tampak antusias mencoba dan mempelajari enam ragam permainan diantaranya Terompah Panjang, Egrang Batok, Bekelan, Srempengan, Engklek, dan Gasingan. Melalui pengabdian ini, upaya pelestarian budaya indonesia dapat terlaksana dan terbukti berdampak positif bagi generasi muda.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa)References
Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375
Asri, N., Pratiwi, E., Barikah, A., & Kasanrawali, A. (2021). Pemberdayaan Olahraga Rekreasi Melalui Permainan Tradisional Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Tradisional Kalimantan Selatan. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5419
Asteria, P. V. (2017). PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA DI KELAS BIPA. Paramasastra. https://doi.org/10.26740/parama.v4i1.1490
Darmawan, O. (2016). PENANAMAN BUDAYA ANTI KEKERASAN SEJAK DINI PADA PENDIDIKAN ANAK MELALUI KEARIFAN LOKAL PERMAINAN TRADISIONAL (Instill Anti-Violence Culture At Early Stage of children Education Through Local Wisdom Of Traditional Games). Jurnal HAM, 7(2), 111. https://doi.org/10.30641/ham.2016.7.175
Garzia, M. (2020). PERMAINAN TRADISIONAL DALAM LITERASI BUDAYA DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI PADA ABAD 21. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v9i2.7696
Lubis, A. E., Fahmi, M., Mawardinur, M., Azandi, F., & Nugroho, A. (2021). SOSIALISASI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK SISWA SD DI SDN 104202 BANDAR SETIA. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education). https://doi.org/10.46306/jub.v1i2.32
Mujinem, M. (2018). NILAI-NILAI KEHIDUPAN SOSIAL DALAM PERMAINAN TRADISIONAL ANAK DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA ERA GLOBALISASI. HUMANIKA. https://doi.org/10.21831/hum.v10i1.21000
Permana, R., Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Nurfitriani, M., & Saleh, Y. T. (2018). SOSIALISASI OLAHRAGA TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN DAN MINAT SISWA SD TERHADAP PEMBELAJARAN OLAHRAGA DI WILAYAH KECAMATAN TAMANSARI. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.35568/abdimas.v1i1.233
Sonjaya, A. R., Arifin, Z., & Pratiwi, R. A. (2021). Revitalisasi Permainan Tradisional Sebagai Wahana Peredam Permainan Digital Pada Anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 385. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1173
Widodo, A., Tahir, M., Maulyda, M. A., Sutisna, D., Sobri, M., Syazali, M., & Radiusman, R. (2020). Upaya Pelestarian Permainan Tradisional melalui Kegiatan Kemah Bakti Masyarakat. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5810
Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567
Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma, 02, 1–5.
DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v3i2.13911
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat (JPOM)
Copyright of Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat ISSN 2808-1358 (Online - Elektronik)
Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.