Efektivitas Model Probing Prompting dan Model LAPS-Heuristik Berbantu Adobe Flash CS3 Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

Ingga Alifianti, Sudargo Sudargo, Muhammad Saifuddin Zuhri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model pembelajaran Probing Prompting dan LAPS-Heuristik berbantu Adobe Flash CS3 terhadap hasil belajar siswa, terdapat perbedaan  hasil belajar siswa antara penerapan model Probing Prompting dan LAPS-Heuristik berbantu Adobe Flash CS3 dan pembelajaran Konvensional dengan metode ceramah. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Unggulan Pondok Modern Selamat Kendal Tahun Ajaran 2020/2021. Dengan menggunakan cluster random sampling diperoleh kelas XI MIPA C sebagai kelas eksperimen 1 atau model pembelajaran Probing Prompting berbantu Adobe Flash CS3, XI MIPA A sebagai kelas eksperimen 2 atau model pembelajaran LAPS-Heuristik berbantu Adobe Flash CS3 dan XI MIPA B sebagai kelas kontrol atau model konvensional dengan metode ceramah. Hasil analisis diperoleh bahwa ketiga kelas berdistribusi normal, homogen dan uji hipotesis 1 untuk anava diperoleh Fhitung= 25,1663 > Ftabel= 3,154 artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara ketiga kelas. Pada uji hipotesis 2, diperoleh thitung>ttabel yaitu 6,1395>2,6295 maka H0 ditolak, berarti rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 lebih efektif daripada kelas kontrol, Untuk uji hipotesis 3, diperoleh thitung>ttabel yaitu 5,2684>2,484 maka H0 ditolak, berarti rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 2 lebih baik daripada kelas kontrol serta untuk uji hipotesis 4,diperoleh yaitu -2,022<1,0919<2 ,022 maka H0 diterima yang berarti tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara eksperimen 1 dan eksperimen 2. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Probing Prompting dan LAPS-Heuristik berbantu Adobe Flash CS3 lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional dengan metode ceramah.


Keywords


Probing Prompting; LAPS-Heuristik; Adobe Flash CS3; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Adiarta, I Gusti Made. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran LAPS-Heuristic terhadap Hasil Belajar TIK ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Payangan. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 4.

Alfian. M.H., Dwijanto, Sunarmi. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Probing-Promting dengan Strategi Scaffolding Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Rasa Ingin Tahu. Unnes Journal of Mathematics Education Vol. 6 No. 2 Agustus 2017.

Anggrianto, Desi. (2016). Improving Critical Thinking Skills Using Learning Model Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristic). Journal of Education and Practice ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol. 7, No. 9.

BSNP. 2007. Peraturan menteri pendidikan nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses. Jakarta:Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Hasrul. (2011). Desain Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash CS3 pada Mata Kuliah Instalansi Listrik 2. Jurnal Medtek, Vol 3 Nomor 2.

Hamdani Siregar, Nadran & Kms. M. Amin Fauzi. (2017). The Difference between Mathematcal Reasoning Ability mprovement by Learning with Meta Cognitive Approach Aided Probing and Promting Techniques in SMP Negeri 4 SeiSuka. World Jornal of Education Research ISSN 2375-9771 (Print) ISSN 2333-5998(Online), Vol 4, No.1.

Khuzaini, Nanang. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash CS3 Untuk Pembelajaran Matematika Siswa SMA Kelas X Semester II Materi Pokok Trigonometri. Jurnal AgriSains, Vol. 5 No. 2.

Mike, Padma Putri M. (2012). Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Turunan Melalui Pembelajaran Teknik Probing. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 2 Vol. 1 No. 1.

OECD. 2016. Programme For International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2015. Country Note-Results from PISA 2015.

Rahman, I.S.,Murnaka,N.P.,& Wijayanti, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Laps (Logan Avenue Problem Solving) Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Wacana Akademia Volume 2 No 1 Tahun 2018.

Rasyid, Moch. Ridha. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis dengan LAPS-Heuristic dan Pendekatan Open Ended. Mathline Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Universitas Wiralodra Indramayu. ISSN 2502-5872 Vol. 2 No. 1.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Witna. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristic Di Kelas X SMAN 2 Batang Anai. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP-UMRAH Vol. 1 No. 2, Desember 2016, p-ISSN. 2503-0671, e-ISSN. 2548-5547.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.