Efektivitas Strategi Index Card Match Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Aulia Azkiyah, Sunandar Sunandar, Rizky Esti Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran Index Card Matchberbantuan Macromedia Flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Semarang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, dokumentasi dan post-test. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t,  uji regresi linier sederhana, dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat strategi pembelajaran Index Card Matchberbantuan Macromedia Flash, dengan kemampuan pemahaman konsep siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran Index Card Matchberbantuan Macromedia Flashlebih baik dari pembelajaran konvensional; (3) Terdapat pengaruh positif antara keaktifan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada strategi pembelajaran Index Card Matchberbantuan Macromedia Flash; (4) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Matchberbantuan Macromedia Flashmencapai ketuntasan secara klasikal maupun individu.

Keywords


Index Card Match; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Macromedia Flash.

Full Text:

PDF

References


Andriani, Ikhsan, M., & Anshari, B. I. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Motivasi Siswa SMP Melalui Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Menggunakan Game Matematika Online. Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 3, No. 1.

Bima, A. F., & Widodo. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 8, No. 1, 26-31.

Bukova-Guzel, E., & Canturk-Gunhan, B. (2010). Prospective Mathematics Teachers' Views about Using Flash Animation in Mathematics Lessons. International Journal of Human and Social Science, 5(3), 154-159, Vol. 3, No. 5.

Hanim, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Biotik, Vol. 5, No. 2, Hal: 141-148.

Julianti, E., Mukhni, Amelia. P. (2013). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Kartika 1-7 Padang.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 234.

Rambe, R. N. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah, Vol. 25, No. 1.

Rodiyah, U., Oviyanti, F., & Hapida, Y. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Gerak pada Tumbuhan. Bioilmi Vol. 4, No. 1.

Silberman, M. (2009). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Jakarta: Permata Puri Media.

Yudi, K. U. (2016). Pengaruh Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.