Pengembangan Mobile Learning Matematika menggunakan Virtual Reality dalam Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa SMP

Sugiarto Sugiarto, Achmad Buchori, Widya Kusumaningsih

Abstract


Kurangnya inovasi media pembelajaran yang variatif dan mudah digunakan dalam pembelajaran sebagai penyesuaian perkembangan teknologi. Media pembelajaran yang sederhana bersifat satu arah sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan spasial siswa. Karena hal tersebut, peneliti mencoba mencari sebuah solusi dengan mengembangkan mobile learning matematika menggunakan virtual reality dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan mobile learning matematika menggunakan virtual reality yang valid (layak) dan praktis digunakan dalam pembelajaran matematika , dan mengetahui penggunaan mobile learning matematika menggunakan virtual reality yang efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa. Jenis Penelitian adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan desain penelitian pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol. Sebelum diuji cobakan media pembelajaran terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari validasi ahli media dan ahli materi berkriteria sangat baik, yaitu untuk ahli media 87% dan ahli materi 94%. Media tersebut valid (layak) digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil uji coba penggunaan media dapat disimpulkan bahwa mobile learning matematika menggunakan virtual relity efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa dilihat dari ketuntasan belajar siswa ≥ 75%, hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan terjadi peningkatan kemampuan spasial siswa yang dihitung menggunakan uji N-Gain. Dari hasil penilaian angket respon siswa mendapat skor 92%, media tersebut praktis digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


mobile learning; kemampuan spasial; virtual reality; matematika; SMP

Full Text:

PDF

References


Abdillah, F., Riyana, C., & Alinawati, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Edutcehnologia, 2(2), 36–38.

Andriani, T., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1998

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (Revisi). Jakarta : Rajawali Press.

Arumsarie, R. A., Kusumaningsih, W., & Sutrisno, S. (2019). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Trigonometri. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 12(1), 65. https://doi.org/10.26877/mpp.v12i1.3823

Benny A, P. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. In jakarta: PT Dian Rakyat. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 56(04), 1–11. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4

Febriana, E. (2015). Profil Kemampuan Spasial Siswa Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Dimensi Tiga Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Elemen, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.78

Gumanti, Tatatng Ari, Yunidar, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Joenaidy, A. M. (2019). Konsep dan strategi pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Yogyakarta: Laksana.

Lintang, A. C., & Wardani, S. (2017). PBL dengan APM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Percaya Diri. Journal of Primary Education, 6(1), 27–34. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/14510

Nolen, J. (2003). Multiple Intelligences in the Classroom. In Education (Vol. 124, Issue 1). Alexandria: ASCD.

Pimmer, C., Pachler, N., & Attwell, G. (2010). Towards Work-Based Mobile Learning: What We Can Learn from the Fields of Work-Based Learning and Mobile Learning. International Journal of Mobile and Blended Learning, 2(4), 1–18. https://doi.org/10.4018/jmbl.2010100101

Saputra, H. (2018). Kemampuan Spasial Matematis. IAI Agus Salim Metro Lampung, 1–8. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/JFWST

Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 578–581. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1662

Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–15. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i3.15465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.