Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Akuntansi Keuangan di SMK
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran dan fasilitas pendukung di SMKN 2 Semarang sangat memadai guna proses pembelajaran siswa semester 2, namun demikian perlu adanya inovasi dikarenakan inovasi yang ada belum maksimal sehingga pemanfaatan teknologi belum maksimal. Tujuan penelitian adalah mengkaji produksi multimedia interaktif pada materi akuntansi keuangan dengan memanfaatkan ispring suite 8 guna meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Dalam pembelajarannya bisa menggunakan smatphone, komputer dan laptop yang dapat dioperasikan secara online Bentuk penelitian ini dikenal sebagai R&D (Research and Development), dan menggunakan paradigma pengembangan ADDIE. Sebagai data yang digunakan di penelitian ini, adalah evaluasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, pengajar, dan siswa serta dievaluasi dengan menggunakan persentase deskriptif. Dalam penelitian ini, didapatkan hasil dengan penilaian ahli materi sebesar 80% dan ahli media sebesar 93,42%, aspek kefokusan sebesar 93,5%, aspek pembelajaran sebesar 82,35%, tanggapan angket peserta didik sebesar 89,59%; Berdasarkan hasil pada penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif pada materi akuntansi keuangan dengan melalui program aplikasi ispring suite 8 memadai untuk digunakan sebagai instrument pembelajaran di SMK jurusan akuntansi.
Kata Kunci: multimedia interaktif, ispring suite 9, hasil belajar, motivasi belajar mahasiswa
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar Vol. 4 No. 1, 9-20.
Alfiyansah, R. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran I-Spring Presenter Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Keperawatan Dasar Nutrisi. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 14 No. 2, 363-369.
Firdani, R. (2010). Model Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.
Hamalik, O. (2015). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Antasari Press.
Irwanto. (2020). Implementasi Multimedia I-Spring Dengan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Salat Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 7 No. 1, 65-78.
Rahardjo, T., Degeng, I. N. S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X Smk Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 195-202.
Suyitno, S. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 101-109.
Pawana, M. G., Suharsono, N., & Kirna, I. M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek Dengan Model Addie Pada Materi Pemrograman Web Siswa Kelas X Semester Genap Di Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 6(1).
Romadhan, A., & Rusimamto, P. W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2).
Zaini, M. S., & Nugraha, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas Xi Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 2 Buduran Sidorajo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 9(2), 349-361.
Astutik, M., & Rusimamto, P. W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1).
Worang, N. A., Mintjelungan, M. M., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Desain Multimedia
Interaktif Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 241-250.
DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v7i2.13682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
INDEXED BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.