Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika

Isna Wulandari, Jody Hendrian, Indri Puspita Sari, Felinda Arumningtyas, Rina Br Siahaan, Hasbi Yasin

Abstract


Belajar matematika menjadi momok tersendiri bagi siswa. Untuk itu diperlukan suatu metode supaya pembelajaran matematika menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi siswa sehingga kedepannya kesan sulit pada pelajaran matematika dapat dihapus. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak mereka belajar matematika sambil bermain. KARTIKA (Kartu Matematika) dirancang sebagai salah satu media pembelajaran matematika yang dikemas melalui permainan edukatif. Sasaran dari KARTIKA adalah siswa sekolah dasar kelas 4 dan 5. Permainan ini diterapkan pada siswa SD Islam Pangeran Diponegoro. KARTIKA adalah mainan kartu layaknya kartu bridge (kartu remi), perbedaan KARTIKA dengan kartu bridge adalah cara penomoran kartunya. Dalam KARTIKA setiap kartu berisikan operasi hitung yang disesuaikan dengan materi pembelajaran siswa sekolah dasar. Dimana jawaban dari operasi hitung itu adalah angka 1 sampai dengan 13. Sehingga untuk bisa bermain, siswa dituntut untuk bisa menyelesaikan operasi hitung yang ada di dalam kartu. Metode ini cukup efektif untuk mengajak anak belajar matematika. Karena pada pembelajaran matematika dengan media KARTIKA, anak menganggap dirinya sedang bermain, namun pikiran mereka tetap dijalankan untuk memecahkan operasi hitung yang ada pada kartu.


Keywords


permainan edukatif; sekolah dasar; matematika

Full Text:

PDF

References


Khobir, A. 2009. Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 195-208.

Langeveld, M.J. 1979. Ilmu Jiwa Perkembangan. Bandung: Jemmars.

Montessori, M. 2013. Metode Montessori: Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Lintang Ahmad Lazuardi, penerjemah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sadiman, A. S dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: CV. Ipa Abong

Yusuf, S. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Zaini, A. 2015. Bermain sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Tahufula, 3(1), 118-134.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.2513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.