Pelatihan Pembuatan Kuis Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Classpoint bagi Peserta PPG dalam Jabatan Bidang Studi Bahasa Inggris UM-Tapsel

Khairunnisah Khairunnisah, Abdul Rahman Siagian, Ayunda Sabrina Sormin

Abstract


Pada kegiatan ini, para peserta PPG dalam jabatan bidang studi Bahasa Inggris dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Kenyataan yang diperoleh dari kegiatan PPG Dalam Jabatan Bidang studi Bahasa Inggris terdapat masih banyak guru yang jauh akan penggunaan teknologi. Banyaknya aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan para guru dalam menyampaikan materi. Untuk itu, para guru Bahasa Inggris harus menguasai penggunaan aplikasi Classpoint sebagai alat untuk membuat kuis interaktif yang akan dipergunakan di kelas, sehingga tercipta suasana belajar yang asyik. Maka, tim PKM membuat pelatihan kepada para guru peserta PPG dalam jabatan bidang studi Bahasa Inggris dalam pembuatan kuis interaktif dengan menggunakan aplikasi Classpoint secara daring dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu dengan memberikan materi, serta petunjuk penggunaan aplikasi Classpoint. Tahap kedua meliputi pendampingan dengan melatih peserta PPG menggunakan aplikasi Classpoint dan membuat kuis interaktif pada aplikasi tersebut. Hasil dari pengabdian ini adalah bertambahnya pengetahuan para peserta PPG dalam penggunaan aplikasi Classpoint dan meningkatnya kreativitas para peserta PPG dalam membuat kuis interaktif melalui aplikasi tersebut. Urgensi dari hasil penelitian ini adalah berupa kesiapan dan kesadaran para guru tentang pentingnya penggunaan teknologi dalam proses belajar dan mengajar, sehingga para guru dapat mencapai hasil belajar siswa yang telah ditentukan.


Keywords


kuis interaktif; aplikasi Classpoint; peserta PPG Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif di SDN-7 Bukit Tunggal. Jurnal: Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi (SNPMT II), 1(1), 124–133. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1360.

Hevitria. (2024). Sosialisasi Dan Edukasi Aplikasi Classpoint Bagi Guru Pada Kurikulum Merdeka Belajar Sekolah Dasar. https://www.jwd.unram.ac.id/index.php/jwd/issue/view/13.

Indraswati, Dyah, et.al.(2023). Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Di Sekolah Dasar .Jurnal Warta Desa (JWD) , 5(3),142-150.

Indriani, V. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Microsoft Power Point pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Sekolah Dasar. Jpgsd, 8(1), 1044–1052. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/36681.

Jeklin, A. (2021). Penerapan Media Presentasi Classpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–23. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/105/85.

Pasal 66 PP Nomor 74 Tahun 2008.

Rosi, R. A. U., Riki, C., & Habibie, A. (2022). perancangan Aplikasi Kuis Interaktif Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi & Komunikasi di Kelas X SMA Plus Nurul Ilmi Cibalong. Produktif : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 397–404. https://doi.org/10.35568/produktif.v5i1.1003.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i2.18805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.