PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAME SUN MATHEMATICS PADA SISWA KELAS 2B DI SDN KARANGANYAR GUNUNG 02 KOTA SEMARANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2B Sekolah Dasar melalui media Game Sun Mathematics dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDN Karanganyar Gunung 02. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Siklus tersebut terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas 2B SDN Karanganyar Gunung 02. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, pretest dan dokumentasi selama 2 siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan modul ajar dan media sehingga dapat diketahui keberhasilan penggunaan media game Sun Mathematics pada mata pelajaran Matematika yang menunjukkan adanya peningkatan tiap siklusnya, dilihat dari hasil nilai evaluasi siswa yang telah melaksanakan eksperimen. Dengan demikian media game Sun Mathematics pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas 2B SDN Karanganyar Gunung 02 mengalami peningkatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media
Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Alessi & Trollip. (2001). Multimedia for learning: Methods and development.Massachusetts: A Pearson Education
Arikunto, Suharsimi. 2007. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2004). Kerangka Dasar Kurikulum 2004, Jakarta.
Depdiknas. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Jalil, Muhammad. 2016. Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2)
Maslani. (2016). Meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa melalui permainan (game) ranking i pada materi norma dalam kehidupan bersama di kelas vii a smpn 4 pelaihari. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan , 1015-1016.
Nurmawati. (2016). Evaluasi Pendidikan Islami. (Asrul, Ed.) Bandung: Citapustaka Media.
Putra, Zetra Hainul, dkk. 2019. Development of Powerpoint-Based Learning Media in Integrated Thematic Instruction of Elementary School. Journal of Scientific & Technology Research, 8 (10)
Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. INFORM, 1(1), 1–8
DOI: https://doi.org/10.26877/jml.v35i3.18756
DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v35i2.18756.g8191
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:
________________________________________________________________
Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: majalahlontar@upgris.ac.id