ANALISIS PENDEKATAN STEAM DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SD N WOTBAKAH

Jolang Prasetyo, Qoriati Mushafanah, Henry Januar Saputra

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peneliti ingin menganalisis proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM yang di terapkan di SD N Wotbakah dan mencari tahu faktor-faktor yang terjadi dalam pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dalam pembelajaran tematik di SD SD N Wotbakah, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dalam pembelajaran tematik di SD SD N Wotbakah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kepala sekolah dan guru kelas IV, angket siswa kelas IV dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM yang diterapkan pada kelas III SD N Wotbakah tidak dilakukan pada semua pembelajaran. sebelum melaksanakan pembelajaran guru membuat perangkat pembelajaran RPP, bahan ajar dan media pembelajaran. dalam penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM siswa dituntut untuk aktif dikarenakan pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran STEAM Science pembelajaran sambil praktik/ pengamatan langsung dengan benda konkrit, Technology siswa belajar dengan menggunakan tablet, Engineering guru memberikan Teknik untuk menyelesaikan permasalahan dalam belajar, art pembelajaran seni siswa dapat membuat karya seni, Mathematic siswa tidak hanya belajar angka tetapi belajar untuk berpikir kritis.


Full Text:

PDF

References


Ani, Hidayati. “Merangsang Pertumbuhan dan Perkembangan Anak dengan Pembelajaran

Tematik Terpadu”, diakses pada 20 Agustus 2022. dalam SAWWA 12 (1), 2016: 151-

, h. 159.DOI: https//doi.org/10.21580/sav12i1.1473. Diakses pada tanggal 20 Juni

Apriliana, M. R., Ridwan, A., Hadinugrahaningsih, T., & Rahmawati, Y. (2018). Pengembangan

soft skills peserta didik melalui integrasi pendekatan science, technology, engineering,

arts, and mathematics (STEAM) dalam pembelajaran asam basa. Jurnal Riset

Pendidikan Kimia (JRPK), 8(2), 101-110. Di akses pada 20 Juni 2022.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS PJBL

(PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN

BERPIKIR KRITIS. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209-226. Di akses pada 20 Juni

Hidayah, Nurul. "Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar." Terampil: Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2.1 (2015): 34-49. Di akses pada 20 Juni 2022.

Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam

Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(2), 275-281. Diakses

pada 20 Oktober 2022.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lumbantobing, S. S., & Azzahra, S. F. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR

KREATIF SISWA DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MELALUI PENERAPAN

PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS AND

MATHEMATICS). Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 393-400. Di akses pada 21

Juni2022.

Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan media

pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).

Di akses pada 20 Juni 2022.

Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di SekolahDasar.

Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 72-89. Di akses pada 25 Juni 2022.

Muklis, Mohamad, “Pembelajaran Tematik”, dalam Fenomena: Jurnal Penelitian 4 (1), 2012:

-76. Di akses pada 23 Juni 2022.

Mulyani, T. (2019). Pendekatan pembelajaran STEM untuk menghadapi revolusi industry 4.0.

In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No.1, pp. 453-

. Di akses pada 23 Juni 2022.

Nurjanah, dkk. (2020). Efek Metode STEAM Pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal

Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini [Online], Vol 4, No 1, Diakses Pada Tanggal

Oktober 2022

Nurfadilah, S., &Siswanto, J. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Konsep Polimer

dengan Pendekatan STEAM Bermuatan ESD Siswa SMA Negeri 1 Bantarbolang. Media

Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran,

(1), 45-51. Di akses pada 23 Juni 2022.

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal

Didactical Mathematics, 1(2), 41-50. Di akses pada 23 Juni 2022.

Nurinayah, A. Y., Nurhayati, S., & Wulansuci, G. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN STEAM

MELALUI METODE PROYEK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI

TK PELITA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5), 504-511. Di akses

pada 27 Juni 2022.

Pria Gunawan and Syaiful Asmar, Model Pembelajaran Steam (Science, Technology,

Engineering, Art, Mathematics) Dengan Pendekatan Saintifik‖ (Makassar, 2019). Di

akses pada 23 Juni 2022.

Purwani, E. PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM

BASED LEARNING PENDEKATAN STEAM PADA SISWA. PINISI: Journal of Teacher

Professional, 2(3), 296-302. Di akses pada 23 Juni 2022.

Rahmawati, B. A. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis STEAM dalam menumbuhkan

keterampilan berpikir kritis di SD My Little Island Malang (Doctoral dissertation,

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Di akses pada 29 Juni 2022.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. Di

akses pada 10 Juli 2022.

Selvi, Yolanda. (2021). “Pengembangan buku panduan guru SD berbasis STEAM pada

pembelajaran tematik kelas IV tema 2”. skripsi. fakultas keguruan dan ilmu

Pendidikan.universitas sanata dharma:Yogyakarta. Di akses pada 23 Juni 2022.

https://repository.usd.ac.id/39762/2/171134180_full.pdf

Sugiyono. 2016. Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryaningsih, S.,&Nisa, F.A.(2021).Kontribusi STEAMProject BasedLearning dalamMengukur

Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia,

(6), 1097-1111. Di akses pada 01Juli2022.

Susanto A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana Pernanda Media Group

Tianingrum, R., &Sopiany, H. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP

Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. In Prosiding seminar nasionalmatematika dan

pendidikan matematika (SESIOMADIKA) (pp. 440-446). Di akses pada 25 Juni 2022.

Tohir, Mohammad. 2019. Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Di

akses pada 23 Juni 2022. Tersedia Online:

https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesiatahun-2018-

turun-dibanding-tahun-2015/

Tritiyatma Hadinugrahaningsih et al., Keterampilan Abad 21 Dan Science, Technology,

Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) Project Dalam Pembelajaran Kimia Di

akses pada 02 Juni 2022.

Widyaningrum, R. (2012). Model pembelajaran tematik di MI/SD. Di akses pada 04 Juni 2022.

Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 107-120




DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i2.14375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.