PENGEMBANGAN MEDIA RUMAH GEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK A (USIA 4-5 TAHUN)
Abstract
Mengenalkan bentuk geometri pada anak usia dini merupakan suatu usaha untuk menstimulasi kemampuan yang dimiliki anak dalam mengenal, menunjuk, menyebutkan serta mengumpulkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Media merupakan segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai pendidikan (edukatif) yang dapat merangsang serta dapat mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki anak. Pengembangan media geometri merupakan suatu proses mendesain pembelajaran dengan penggunaan alat bantu sebagai media untuk mengenalkan bentuk-bentuk geometri yang secara logis dan sistematis dalam menetapkan segala sesuatu yang dilaksanakan dalam proses kegiatan belajar dengan memperhatikan potensi dan kompetensi peserta didik (Hamid, 2013). Rumah Geo merupakan suatu media atau alat permainan yang dirancang dan dibuat membentuk rumah serta digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk memperkenalkan bentuk-bentuk geometri kepada anak usia dini khususnya anak usia 4-5 tahun melalui bermain untuk mendapatkan pengalaman belajar yang konkret. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and development. Pendekatan dan desain yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Tempat penelitian adalah RA Muslimat NU Masyithoh 05 Banyurip Ageng Kota Pekalongan. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap bulan Maret sampai dengan Juni 2022. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik Kelompok A usia 4-5 tahun. Sampel yang digunakan yaitu sejumlah 30 anak. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian : Angket, Lembar Observasi, Pedoman Wawancara, Dokumentasi. Teknik pengumpulan data : angket, observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data : Uji Validasi, Reliabilitas, Uji Kepraktisan, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji T. Hasil kevalidan : Pengembangan media Rumah Geo terbukti valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada kelompok A usia 4-5 tahun.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rozak, D. W. (2018). Pengembangan media pembelajaran sasa-aura untuk
meningkatkan prestasi peserta didik SMK CENDEKIA MADIUN tahun ajaran
/2018. jurnal pendidikan dan ilmu pengetahuan.
Amalia, R. (2017). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis penemuanterbimbing
pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP/MTs.
Andriyani, M. (2015). Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri datar
melalui permainan tradisional gotri legendri pada anak kelas B TK Sunan Kalijogo.
Anggraini, P., & Ningrum, M. A. (2018). Pengembangan media roda putar untuk meningkatkan
kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun. PAUD Teratai, 7(3).
Annisa. (2018). Peningkatan kemampuan pengenalan bentuk geometri peningkatan
kemampuan pengenalan bentuk geometri Kecamatan Padang Panjang Timur Kota
Padang Panjang.
Anufia, B & Alhamid, T. (2019). Resume: Instrumen pengumpulan data. Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Sorong.
Apriyani, F. (2018). Pengembangan media dadu dan papan flanel untuk meningkatkan
kemampuan mengenal konsep geometri dan konsep berhitung pada anak Kelompok
A RA Perwanida I Cluring tahun 2017/2018. Universitas Jember.
Arifin, M., & Asfani, K. (2014). Instrumen penelitian. Disajikan pada Desember. Universitas
Malang.
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian (kelima belas). PT Rineka Cipta.
Artika, L. Chairilsyah, D. Puspitasari, D. (2016). Pengaruh permainan dakon geometri terhadap
kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Dahlia
Mandiri Desa Muntai Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis.
Ayu Putu Puspa Ariyani, A. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing
terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri Kelompok B. e-Journal Pendidikan
Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha .
Azizah, M., & Fauziyah, F. (2019). Pengaruh kemampuan koneksi matematika terhadap hasil
belajar materi garis singgung lingkaran SMPN 2 Sumbergempol Tsulungagung. 1–9.
Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis pengembangan bahan ajar
berbasis. Halaqa: Islamic Education Journal.
Cania, S., Novianti, R., & Chairilsyah, D. (2019). Pengaruh media glowing city terhadap
kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini. Aulad: Journal on Early
Childhood, 3(1), 53-60.
Dachliyani, L. (2019). Instrumen yang sahih : sebagai alat ukur keberhasilansuatu evaluasi
program diklat (evaluasi pembelajaran). MADIKA : Media Informasi dan Komunikasi
Diklat Kepustkawanan.
Desti Helfianti, R. N. (2021). Pengembangan media permainan game geo bus (ggs) untuk
mengenalkan bentuk-bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Journal of Education
Research.
Dewi, N.K. (2019). Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui media jepit
geometri pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak Bahana Al-Aqsha di Sidomukti
Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
Surabaya.
Elan, D. A. (2017). Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan mengenal
bentuk geometri. PAUD Agapedia.
Ernawati, N. (2015). Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri melalui
media smart box pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan
Gilangkecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Artikel Skripsi.
Hamdani, Hamid (2013). Pengembangan sistem pendidikan di Indonesia, (Bandung: Pustaka
Setia)
Hamida, A. I., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh media tangram terhadap kemampuan
mengenal bentuk geometri anak usia dini. 4(2), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud-
lectura.v4i02.6216
Handayani, A, Murtianto, Y. H. R. (2016). Komputasi statistik. Universitas PGRI Semarang.
Hartono. (2016). SPSS 16.0 analisis data statistika dan penelitian (VII). Pustaka Belajar.
Hidayah, I. R. (2018). Pengembangan modul pembelajaran ipa materi kenampakan
permukaan bumi pada siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Simki-Pedagogia.
Hunaifi, A. A., & Sahari, S. (2018). Program studi pendidikan guru sekolah dasar Fakultas
Keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri 2018. 02(04).
Hutapea, R. H. (2019). Instrumen evaluasi non-tes dalam penilaian hasil belajar ranah afektif
dan psikomotorik. 2(2), 151–165.
Hutabri, A. A. (2017). Kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran bilingual berbasis
komputer. Jurnal Kependidikan.
I Made Tegeh, I. M. (2013). Pengembangan bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan
addie model . Jurnal Ika.
I Made Tegeh, I. N. (2015). Pengembangan buku ajar model penelitian pengembangan dengan
model addie.
Iin Zheniar Winayati, I. A. (2014). Upaya meningkatkan pemahaman geometri melalui alat
permainan edukatif balok pada anak usia 4-5 tahun RA Amaliyah Kabupaten Sekadau.
Isnawati, A. N. A, Jayanti, D. D, Luthfillah, M. (2020). Pengaruh penggunaan media menara
geometri dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna dan bentuk geometri anak
usia dini. Sawabiq: JurnalKeislaman. Volume 1 Nomor 1 Tahun 2020
Jawati, R. (2013). Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan ludo geometri di
PAUD Habibul Ummi II . Spektrum PLS.
Komang Srianis, N. K. (2014). Penerapan metode bermain puzzle geometri untuk
meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk . PG-PAUD
Universitas Pendidikan Ganesha.
Kurnia, R, Solfiah, Y& Rusdianti. (2020). Pengembangan media getar (geometri putar) untuk
meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal
Review Pendidikan dan Pengajaran
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp Volume 3 Nomor 2, Desember
P-2655-710X e-ISSN 2655-6022
Khumaedi, M. (2012). Reliabilitas instrumen penelitian pendidikan. In jurnal pendidikan teknik
mesin Unnes (Vol. 12, Issue 1, p. 129541).
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar nasional pendidikan anak usia dini no 137
tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76.
Https://Portaldik.Id/Assets/Upload/Peraturan/Permen kemendikbud nomor 137 tahun
Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.Pdf
Kemendikbud, R. (2014). Standar isi tentang tingkat pencapaian perkembangan anak.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun
, 1–31.
Krobo, A. (2019). Meningkatkan kemampuan kognitif melalui permainan puzzel ball bentuk
geometri pada anak Kelompok A TK. YPPK. Santo Gabriel Arso II Kabupaten Keerom
Papua. Pernik Jurnal Paud, Vol 4.
Lailatul Asmaul Chusna, M. A. (2019). Pengembangan media dakon geometri untuk
meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun.
Lili Artika, D. C. (2016). Pengaruh permainan dakon geometri terhadap kemampuan mengenal
bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Dahlia Mandiri desa Muntai
Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis .
Made Giri Pawana, N. S. (2014). Pengembangan multimedia interaktif berbasis proyek dengan
model addie pada materi pemrograman web siswa kelas x semester genap di SMK
NEGERI 3 SINGARAJA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan
Ganesha.
Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal
Tabularasa, 6(1), 87-97.
Monita, R., Puspitasari, E., & Chairilsyah, D. (2021). Pengembangan media monopoli geometri
untuk kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 5(2), 2672-2679.
Muhammad Rusdi Tanjung, T. F. (2014). Pengembangan aplikasi multimedia pengenalan dan
pembelajaran origami dengan pendekatan ADDIE.
Muiz, D. A. (2017). Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan mengenal
bentuk geometri. 1(1), 66–75.
Munte, F. F., & Widayati, S. (2019). Pengaruh permainan ulat bangun datar terhadap
kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini di Surabaya. PAUD Teratai, 8(3).
Muttakhidah, R. I. (2016). Pergeseran perspektif “Human Mind” John Locke dalam paradigma
pendidikan matematika. UAD Jurnal managemet System, 16 No. 1, 56-58. Retrieved
Oktober Sabtu, 23 Oktober, 2021, from
https://core.ac.uk/download/pdf/324200153.pdf
Muzdalifah. (2018). Pengembangan media booklet matematika berbasis unity of sciences
untuk meningkatkan disposisi matematis pada materi lingkaran Kelas Viii SMP Negeri
Gringsing tahun pelajaran 2017/2018.
Nening Asmianti, A. N. (2017). Meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media karpet
geometri. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO.
Nila Mayang Sari, D. C. (2016). Pengaruh penggunaan media geoboard terhadap kemampuan
mengenal konsep bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK NEGERI PEMBINA
KOTA PEKANBARU.
Ningrum, M. A., & Chusna, L. A. (2020). Dakon geometry innovation in stimulating the ability
to recognize. 08(01), 18–32.
Novitasari, Y. (2018). Analisis permasalahan perkembangan kognitif anak usia dini. PAUD
Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 2, No.
Nur Fadhilah, M. M. (2021). Pengaruh media roda putar terhadap kemampuan mengenal pola
dan motorik halus anak usia dini. Jayapangus Press.
Pangastuti, R. (2019). Media puzzle untuk mengenal bentuk geometri. JECED: Journal of Early
Childhood Education and Development, 1(1), 50-59.
Purwanti, E., Purnomo, E., & Pujiati, P. (2015). Pengembangan instrumen keterampilan sosial
berbasis observasi dan sosiometri dalam pembelajaran IPS. Jurnal studi sosial/journal of
social studies, 3(1)
Rahman, K.A, Wirdasari, A. (2017). Persepsi masyarakat terhadap urgensi PAUD di Kecamatan
Danau Teluk Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas Universitas Jambi.
Rena Madina, S. R. (2015). Deskripsi pengenalan bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun
di TK Teratai Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo.
Revita, R., (2019). Uji kepraktisan perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan
terbimbing untuk SMP. Matematika, Juring (Journal for Research in Mathematics
Learning) Vol. 2(2), 148–154.
Rustiyanti, D.W. (2014). Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui
permainan dakon geometri pada anak Kelompok A di TK Arum Puspita Triharjo Pandak
Bantul.
Sari, B. K. (2017). Desain pembelajaran model addie dan implementasinya dengan teknik
jigsaw.
Sari, M. M., Nasirun, M., & Ardina, M. (2020). Kreativitas anak usia 5-6 tahun dalam membuat
karya dengan barang bekas. Jurnal Pena Paud Volume 1 Issue 1 (2020) Pages 1(1), 72–
Sari, N. M. Chairilsyah, D. F. (2016). Pengaruh penggunaan media geoboard terhadap
kemampuan mengenal konsep bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri
Pembina 2 Kota Pekanbaru.
Semmel, D. S., Matematika, P., & Keguruan, F. (2012). Pengembangan bahan ajar berbasis
web.
Septari, L. P. M. (2020). Pengembangan instrumen kemandirian belajar dan hasil belajar IPA
siswa Kelas V Sd. 4(2). https://repo.undiksha.ac.id/4348/
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d (Sutopo (ed.)).
Sumaryanto, P. (2014). Implementasi kebijakan kelembagaan PAUD. Edukasi Islami Jurnal
Pendidikan Islam.
Try Astuti Ningsih Hrp, M. Z. (2018). Pengaruh kegiatan bermain konstruktif terhadap
kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak Kelompok B di RA Sabila Amanda.
Jurnal Raudhah.
Ulfa, F. N., & Hafidah, R. Dewi. N. K. (2019). Mengenal bentuk geometri melalui pembelajaran
kooperatif tipe talking stick pada anak usia dini. Jurnal Kumara Cendekia, Vol. 8 No. 1
Vemsi Damopolii, N. B. (2019). Efektivitas media pembelajaran berbasis multimedia pada
materi segiempat. Algoritma Journal of Mathematics Education.
Veronica, N. (2018). Permainan edukatif dan perkembangan kognitif anak usia dini dan
pendidikan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini, Volume 4 N.
Winarsunu, T. (2006). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan (iii). Penerbitan
Unversitas Muhammadiyah Malang.
Wulandari, C. (2017). Menanamkan konsep bentuk geometri (bangun datar). Jurnal
Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 1–8.
Yogi, M. (2014). Instrumen penelitian kualitatif, kuantitatif dan pengembangan.
Implementation science, 39(1) 1–24.
Yulianti Fitriani, D. H. (2020). Analisis aplikasi belajar bentuk dalam upaya mengenalkan
bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Kalimaya.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i1.13037
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.