Penerapan QR Code Untuk Media Pelayanan Absensi Mahasiswa AMIK Dian Cipta Cendikia

Didi Susianto, Reni Astika, Yuli Syafitri

Abstract


Abstract—Attendance is something that must be done by students. In the attendance process, the AMIK Dian Cipta Cendikia College still uses the manual method. Therefore, we need a student attendance system that can collect data and manage data so that it can be done quickly, efficiently and accurately. One of technology developed is QR Code. QR Code is an essential thing because of its ability to store larger data so that it can provide fast and accurate services. One of the things that can be done to support the author in designing an Application of QR Code for Attendance Service Media for student in AMIK Dian Cipta Cendikia is by using the Extreme Programming research method. The purpose of this application is expected to make the attendance process will be more efficient and can be easily monitored by lecturers and by the academic department. The results of this research were in the form of a student attendance application that uses a QR code. It is used as the input media for student attendance based on a local network implemented in order to create an attendance information system that provides convenience for students in the attendance process, reduces fraud committed by students, and facilitates reports when conducting recapitulation.

 

AbstrakAbsensi merupakan hal yang wajib dilakukan oleh mahasiswa. Dalam Proses absensi, di Perguruan Tinggi AMIK Dian Cipta Cendikia masih menggunakan cara manual. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem absensi mahasiswa yang dapat mengumpulkan dan menyimpan data tersebut sehingga dapat diolah dengan cepat, efisien dan akurat. Salah satu teknologi yang sedang berkembang saat ini adalah QR Code, QR Code sangat dibutuhkan karena kemampuannya menyimpan data yang lebih besar sehingga mampu memberikan layanan yang cepat dan akurat. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mendukung penulis merancang sebuah Penerapan QR Code Untuk Media pelayanan Absensi Mahasiswa AMIK Dian Cipta Cendikia dengan menggunakan metode penelitian Extreme Programming. Tujuan dari penelitian ini adalah terbentuknya sistem absensi sehingga proses akan lebih efisien dan dapat dipantau dengan mudah oleh dosen dan oleh bagian akademik. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi absensi mahasiswa yang menggunakan QR code sebagai media masukan kehadiran mahasiswa berbasis jaringan lokal yang diimplementasikan agar terciptanya sebuah sistem informasi absensi yang memberikan kemudahan mahasiswa dalam proses absensi, mengurangi tindak kecurangan yang dilakukan oleh mahasiswa, serta memudahkan laporan ketika melakukan rekapan laporan.


Keywords


Absensi, QR Code, UML (Unified Modeling Language)

Full Text:

PDF

References


I. C. R. T. W. S. P. F. Susanti E, "Pemanfaatan Teknologi Quick Response (QR) Code pada Sistem Manajemen Studi Ekskursi," in Simposium Nasional RAPI XVII–2018FT UMS, Surakarta, 2018.

Q. Aini, U. Rahardja and A. Fatillah, "Penerapan QR Code Sebagai Media Pelayanan Untuk Absensi Pada Website Berbasis PHP Native," SISFOTENIKA, vol. 8, no. 1, pp. 47-56, 2018.

E. Herlina and T. Hidayatulloh, "Penerapan QR Code Untuk Sistem Absensi Siswa SMP Berbasis Web," Jurnal Teknologi dan Informasi, vol. 7, no. 2, pp. 102-112, 2017.

I. G. Banjar Jawi and H. Supriyono, "Pemindaian QR Code Untuk Aplikasi Penampil Informasi Data Koleksi Di Museum Sangiran Sragen Berbasis Android," Jurnal Teknik Elektro, vol. 17, no. 1, pp. 6-8, 2018.

S. Santoso and R. Nurmalina, "Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut)," JURNAL INTEGRASI, vol. 9, no. 1, pp. 84-91, 2017.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java, Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

A. Rosa and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika, 2014.

I. G. N. Suryantara, Merancang Applikasi dengan Metodologi Extreme Programming, Jakarta: Elex Media Komutindo, 2017.

A. Husnul, Merakit Sendiri Komputer Tahan Banting, Yogyakarta: Mediakom, 2010.




DOI: https://doi.org/10.26877/jiu.v7i2.8496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Didi Susianto, Reni Astika, Yuli Syafitri



Creative Commons License
Jurnal Informatika Upgris by Program Studi Informatika UPGRIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.