Virtual Tour Menggunakan Image 360° Dual-Fish Eye Menggunakan Metode Gambar Panorama Desa Wisata Tawangmangu

Astrid Novita Putri, Pratama Angga Buana, Suryo Adinugroho

Abstract


Virtual tour ataupun virtual tour reality merupakan penerapan teknologi immersive yang  merupakan teknologi kreatif yang mendukung visualisasi destinasi berbasis gambar panorama 360°. Virtual tour ini mencitakan suasana mirip dengan kondisi sebenarnya sehingga dapat dipergunakan sebagai media promosi online yang menarik calon wisatawan untuk mengunjunginya. Beberapa aplikasi virtual tour sudah dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Indonesia sehingga menarik wistawan untuk mengunjungi daerah wisata tersebut yang dapat diakses melalui online maupun offline.Akan tetapi untuk Desa Wisata Tawangmangu Jawa Tengah belum ada yang menggembangkan menggunakan teknologi virtual tour reality.Sehingga pada penelitian ini kami membuat aplikasi virtual tour menggunakan tools Web GL, 3D Vista dan Image 360° serta metode gambar panorama dengan menggambungkan dua gambar atau lebih dengan resolusi tinggi dan Metode Penggembangan Sistem menggunakan Mixed Method berbasis web yang dapat diakses dianapun.

 


Keywords


Panorama;Image 360°;Dual Fish Eye

Full Text:

PDF

References


E. al. Hidayatun Nurul Khasanah, “Jurnal Biologi Tropis Cultivation of Anthurium Flower Plant in Sewu Kembang Tourism Village ,” Jurnal Biologi Tropis, vol. 23 (2): 55, 2023, doi: http://dx.doi.org/10.29303/jbt.v23i2.4987.

I. Idris et al., “Developing smart tourism using virtual reality as a tourism promotion strategy in Indonesia,” Geojournal of Tourism and Geosites, vol. 35, no. 2, pp. 332–337, 2021, doi: 10.30892/GTG.35210-656.

U. S. Andini and S. D. Ali, “Sistem Informasi Geografis Potensi Sumber Daya Alam di Wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan Berbasis Android,” Jurnal Informatika Upgris, vol. 5, no. 2, pp. 197–200, 2020.

P. K. Katkuri, A. Mantri, and S. Anireddy, “Innovations in Tourism Industry Development Using Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR),” IEEE Region 10 Annual International Conference, Proceedings/TENCON, vol. 2019-Octob, pp. 2578–2581, 2019, doi: 10.1109/TENCON.2019.8929478.

S. Asmiatun, A. Novita Putri, and A. Rifai, “Aplikasi Virtual Tour Reality Menggunakan Metode Gambar Panorama Untuk Pengenalan Kampus Universitas Semarang Virtual Tour Reality Application Using Panoramic Image Method for Introduction to Semarang University Campus,” Journal of Computing Engineering, System and Science), vol. 7, no. 1, pp. 55–66, 2022, [Online]. Available: www.jurnal.unimed.ac.id.

S. Istita and H. Suroyo, “Pengembangan Aplikasi Virtual Tour (Wisata Virtual) Objek Wisata dengan Konten Image Kamera 360,” Journal of Advances in Information and Industrial Technology, vol. 3, no. 2, pp. 45–52, 2021, doi: 10.52435/jaiit.v3i2.159.

Jesyischa Rizky Devista, “PEMANFAATAN SITUS INDONESIA VIRTUAL TOUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII BINA BAHASA SMP NEGERI 3 TANGERANG SELATAN PROVINSI BANTEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022,” Bachelor’s Thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta., 2022, [Online]. Available: http://www.nber.org/papers/w16019.

M. Waruwu, “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method),” Jurnal Pendidikan Tambusai , vol. 7, no. 1, pp. 2896–2910, 2023.

A. J. Fiocco et al., “Virtual tourism for older adults living in residential care: A mixed-methods study,” PLoS ONE, vol. 16, no. 5 May, May 2021, doi: 10.1371/JOURNAL.PONE.0250761.

K. R. Subekti, S. Andryana, and R. T. Komalasari, “Virtual Tour Lingkungan Universitas Nasional Berbasis Android Dengan Virtual Reality,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 6, no. 1, pp. 38–48, 2021, doi: 10.29100/jipi.v6i1.1711.




DOI: https://doi.org/10.26877/jiu.v9i2.17786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Astrid Novita Putri



Creative Commons License
Jurnal Informatika Upgris by Program Studi Informatika UPGRIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.