IMPLEMENTASI DAYA TARIK WISATA DI KABUPATEN CILACAP MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DALAM RANGKA MEMBANGUN SMART CITY SYSTEM
Abstract
Smart city adalah konsep yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Smart city menggunakan teknologi dan inovasi untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya, meningkatkan efisiensi, memperbaiki layanan publik, dan menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan. Tujuan akhir dari smart city adalah menciptakan lingkungan yang nyaman, berkelanjutan, dan memenuhi kebutuhan warganya. Dengan menerapkan teknologi dan inovasi yang tepat, smart city dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat, banyak kota di seluruh dunia berupaya untuk mewujudkan visi menjadi smart city. Mewujudkan smart city melibatkan penggunaan berbagai teknologi, termasuk Augmented Reality (AR). Augmented Reality menggabungkan elemen dunia nyata dengan elemen virtual, sehingga menciptakan pengalaman yang ditingkatkan dan interaktif bagi pengguna.
Kabupaten Cilacap terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia, menawarkan beragam obyek wisata yang menarik bagi pengunjung. Saat ini informasi terperinci tentang obyek wisata di Kabupaten Cilacap sangat terbatas, ada banyak obyek wisata menarik yang dapat dikunjungi di daerah tersebut namun jarang diketahui oleh calon pengunjung, hal ini menjadi kendala yang harus diselesaikan Dinas Pariwisata Kabupaten Cilacap dalam mempromosikan obyek wisata. Teknologi augmented reality (AR) berbasis android untuk mengenalkan obyek wisata dapat menjadi cara yang menarik dan interaktif untuk memperkenalkan tempat-tempat wisata kepada pengunjung. Penerapan augmented reality berbasis android dalam pengenalan obyek wisata dapat memperkaya pengalaman pengunjung dan membuat mereka lebih terlibat dengan tempat-tempat wisata.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai upaya meningkatan minat pengunjung terhadap obyek wisata di kabupaten cilacap. Implementasi konsep smart city dapat menjadi solusi yang efektif dalam memberikan informasi wisata kepada masyarakat secara efisien dan terhubung. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) adalah metode terstruktur untuk mengembangkan multimedia dalam konteks pengembangan wisata di Kabupaten Cilacap. Penerapan MDLC dalam pengembangan multimedia wisata membantu Dinas Pariwisata Kabupaten Cilacap dalam memenuhi kebutuhan pengguna, menyampaikan informasi dengan jelas, dan meningkatkan pengalaman pengunjung. Dibutuhkan teknologi perangkat yang saling terhubung untuk mewujudkan konsep smart city.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
“Profil Kondisi Geografis Kabupaten Cilacap,” no. Geografis, 2021, [Online]. Available: https://cilacapkab.go.id/v3/kondisi-umum/
Y. F. Akmal Junaidi, RizkyPrabowo, Admi Syarif, “Implementasi Augmented Reality Furniture Dengan User-Defined Target Berbasis Android,” Sist. Inf. Bisnis, vol. 01, 2020.
M. F. A. Eka Wahyu Hidayat, Andi Nur Rachman, “Penerapan Finite State Machine pada Battle Game Berbasis Augmented Reality,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, 2019.
P. R. K. Hugo Herlando, “TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DAN KONSEP KONTEKSTUAL PERANCANGAN WISATA PERMAINAN TRADISIONAL DI KOTA TUA,” Sains Teknol. Urban Peranc. Arsit., vol. 1, pp. 616–623, 2019.
F. Anggar Ranawijaya, Emi Iryanti, “Analisis Hasil Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Alternatif Media Promosi Pariwisata,” Rekayasa Sist. dan Teknol. Inf., vol. 4, 2020.
D. S. L. Yuthsi Aprilinda, Robby Yuli Endra, Freddy Nur Afandi, Fenty Ariani, Ahmad Cucus, “Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama,” J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 11, 2020.
M. I. Dewi, Arsy Febrina, “Perancangan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Promosi Objek Wisata Berbasis Android,” J. Inform. dan Teknol., vol. 5, 2022.
A. F. Ummawati and A. Mulyani, “Aplikasi Pengenalan Pariwisata Pulau Bawean Berbasis Android,” … dan Obs. Sist. Komput., vol. 7, no. 1, pp. 46–53, 2020, [Online]. Available: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/1914
DOI: https://doi.org/10.26877/jiu.v9i1.15586
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 lutfi syafirullah, Annas Setiawan Prabowo, Isa Bahroni
Jurnal Informatika Upgris by Program Studi Informatika UPGRIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.