Game Edukasi Bahasa Arab Untuk Anak Madrasah Iptidaiyah Berbasis Android
Abstract
Materi Bahasa Arab cenderung sebagai momok yg nir disukai sang poly murid. fenomena misalnya ini membawa kesan bahwa bahasa Arab adalah bahasa yg sulit buat dipelajari dibandingkan bahasa asing lainnya, meskipun dalam dasarnya nir sesulit yg dibayangkan khususnya bagi orang Indonesia yg dominan beragama Islam dan metode yg dipakai pada pengajarannya dievaluasi kurang variatif sebagai akibatnya rasa jenuh & kurang semangat akan gampang menghampiri murid yg mana bisa berdampak dalam turunnya minat murid terhadap pembelajaran Bahasa Arab. Cara menaikkan & menumbuhkan semangat anak buat belajar bisa dilakukan menggunakan memakai permainan, permainan adalah galat satu media hiburan yg bisa menaruh rasa bahagia dalam anak menggunakan menerapkan Algoritma Bubble Sort yg berfungsi buat menaruh solusi yg sempurna pada menebak gambar yg dilengkapi menggunakan materi pendidikan Bahasa Arab. Hasil pengujianberdasarkan kuisioner, diperoleh jawaban Sangat Menarik 68,75 %, Menarik 28,75 %, & Tidak Menarik 2,5%, Algoritma Algoritma Bubble Sort merupakan prosedur pemecahan yg paling simple cocok buat data menggunakan elemen mini dan gampang buat dihubah kodenya, kelemahaannya adlah apabila pengurutan buat data besar kinerjanya menjaddi lamban & memburuk
Keywords
Full Text:
PDFReferences
U. Juhardi and E. Sahputra, “Aplikasi Kamus Bahasa Daerah Serawai Menggunakan Algoritma Bubble Sort dan Voice Recognition Berbasis Android,” J. Media Infotama, vol. 14, no. 2, 2018, doi: 10.37676/jmi.v14i2.666.
I. Gunawan, S. Sumarno, and H. S. Tambunan, “Penggunaan Algoritma Sorting Bubble Sort Untuk Penentuan Nilai Prestasi Siswa,” Sistemasi, vol. 8, no. 2, p. 296, 2019, doi: 10.32520/stmsi.v8i2.493.
H. Triansyah, “Implemetasi Metode Bubble Sort Dalam Pengurutan Indeks Prestasi Mahasiswa,” J. Ilm. Inform., vol. 7, no. 01, p. 48, 2019, doi: 10.33884/jif.v7i01.1003.
B. Pane, X. Najoan, and S. Paturusi, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia,” J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.12.1.2017.17793.
M. Yunus, I. F. Astuti, and D. M. Khairina, “Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 2, p. 59, 2015, doi: 10.30872/jim.v10i2.192.
Azhar Arsyad, “Media pembelajaran,” Jakarta PT Raja Graf. persada, vol. 36, no. 1, pp. 9–34, 2011.
R. Jennah, Media Pembelajaran. 2009.
M. I. P. Nasution, “Efektif Berbasis Mobile,” Iqra’, vol. 10, no. 1, pp. 0–14, 2016.
Z. D. Martha, E. P. Adi, and Y. Soepriyanto, “E-book berbasis mobile learning,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 109–114, 2018, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3705/2775.
A. Andriani, “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam,” Ta’allum J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 39–56, 2015, doi: 10.21274/taalum.2015.3.01.39-56.
S. A. M. M. Khalilullah, “Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Media Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat),” J. Pemikir. Islam, vol. 37, no. 1, pp. 15–26, 2012, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/viewFile/309/292.
S. A. M. M. Khalilullah, “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif (Kemahiran Istima’ Dan Takallum),” J. Sos. BudayaKhalilullah, vol. 8, no. 2, pp. 219–235, 2011, [Online]. Available: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=275520&val=7161&title=STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB AKTIF (KEMAHIRAN ISTIMAâ€TM DAN TAKALLUM).
D. Pratidana, “Hak cipta dan penggunaan kembali : Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah , memperbaiki , dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial , selama anda mencantumkan nama penulis dan melisensikan ciptaan turunan dengan syarat ya,” J. Exp. Psychol. Gen., vol. 136, no. 1, pp. 23–42, 2017, [Online]. Available: http://kc.umn.ac.id/5548/1/BAB II.pdf.
A. D. B. Sadewo, E. R. Widasari, and A. Muttaqin, “Perancangan Pengendali Rumah menggunakan Smartphone Android dengan Konektivitas Bluetooth,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 5, pp. 415–425, 2017.
M. Rusli, J. Batu, and B. No, “Aplikasi Belajar Bahasa Jepang,” pp. 2–6, 2012.
S. N. Rakhmah, “Pembuatan Aplikasi E-Hadits Pada Smartphone Berbasis Java Eclipse,” Simnasiptek 2016, vol. 1, no. 1, pp. 62–72, 2016.
DOI: https://doi.org/10.26877/jiu.v8i1.11097
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yulia Darnita, Nochi Erfindo Fransisco, Rozali Toyib
Jurnal Informatika Upgris by Program Studi Informatika UPGRIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.