KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DI TINJAU DARI CURIOSITY SISWA PADA PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN MOBILE LEARNING
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari curiosity siswa pada pembelajaran mandiri berbantuan mobile Learning. Mobile Learning diwujudkan dalam aplikasi android yang dirancang dengan menggunakan aplikasi App Inventor 2 (AI2. App Inventor 2 (AI2). Subjek diambil enam siswa kelas VII SMP N 1 Sayung. Data diambil dengan teknik tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Respon siswa terhadap pembelajaran mandiri berbantuan mobile learning sebesar 7,5 dalam kategori baik. Terdapat pengaruh yang signifikan variabel curiosity siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Pada analisis kemampuan berpikir kreatif matematis, siswa kategori curiosity tinggi memenuhi tiga indikator berpikir kreatif matematis yaitu kelancaran, kelenturan, dan keaslian (kreatif). Sedangkan siswa kategori curiosity sedang memenuhi dua indikator berpikir kreatif matematis yaitu kelancaran dan kelenturan (cukup kreatif) dan ada salah satu siswa kategori curiosity sedang yang hanya memenuhi satu indikator saja (kurang kreatif). Sedangkan siswa kategori curiosity rendah memenuhi satu indikator berpikir kreatif matematis yaitu kelancaran (kurang kreatif).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cenberci, S. (2018). The Investigation of the Creative Thinking Tendency of Prospective Mathematics Teachers in Terms of Different Variables. Journal of Education and Training Studies, 6(9), 2324-8068.
Fabian, J. (2018). Creative Thinking and Problem Solving. CRC Press.
Idris, N. & Nor, N. M. (2010). Mathematical creativity: usage of technology. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(10).
Kopzhassarova, U, et all. (2016). Enhancement of Students’ Independent Learning Through Their Critical Thinking Skills Development. INTERNATIONAL JOURNAL OF ENVIRONMENTAL & SCIENCE EDUCATION, 11(18), 11585–11585.
Krulik, Stephen & Rudnick, J. A. (1995). The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Needham Heights, Massachusetts: Allyn & Bacon.
Kurniawan, D. & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Media Screencasto-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1).
Lince, R. (2016). Creative Thinking Ability to Increase Student Mathematical of Junior High School by Applying Models Numbered Heads Together. Journal of Education and Practice, 7(6).
Mann, E. L. (2009). The Search for Mathematical Creativity: Identifying Creative Potential in Middle School Students. CREATIVITY RESEARCH JOURNAL., 21(4), 338–348.
Meyer, B., & Haywood, N., Sachdev, D., Faraday, S. (2008). What is independent learning and what are the benefits for students?. London: Department for Children, Schools and Families Research Report.
Risma, farida, & A. (2021). Android Mobile Learning: MIT App Inventor Dan Pengembangannya Pada Pembelajaran Matematika. Alphamath : Journal Of Mathematics Education, 7(1).
Shoit, Agrota, M. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu pada Pembelajaran Problem Posing Berbasis Open Ended Problem dengan Performance Assessment. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 37–48.
Tancicleide, Jeane, G., & M. (2014). Mobile Learning: Explorando Possibilidades com o App Inventor no Contexto Educacional. 3o Congresso Brasileiro de Informática Na Educação.
DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9507
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.