PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Permainan domino merupakan alat peraga yang dapat membantu dalam proses pembelajaran di kelas. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pengaruh permainan domino dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Metode Experimen dengan desain Experimen True Experiment Design. Prosedur atau langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi: Tahap Persiapan penelitian, Tahap Pelaksanaan penelitian, dan tahap Evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 96 siswa. Untuk Sampel dalam penelitian ini menggunakan kelas VII A Sebagai Kelas Experimen dan siswa Kelas VII B Sebagai Kelas Kontrol. Sampel yanga digunakan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak (Cluster Random Sampling). Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan Uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini di peroleh nilai rata-rata kemampuan belajar kelas experimen adalah 85,07 dan nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional adalah 75,33. Begitu juga hasil pengujian dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test didapat nilai Sig. (2-Tailed) 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan permainan domino dalam proses pembelajaran. Sehingga permainan kartu domino dapat di jadikan sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran matematika di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abqari, F. T., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2018). Media Permainan Kartu Domino untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Konversi Pecahan Desimal Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1190–1199.
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Kartu Domino Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pelangi, 9(2), 123–134.
Hapsari, P. A. (2016). Validitas Kartu Permainan Domino Invertebrata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Untuk Siswa Kelas X SMA. BIOEDU, 5(3), 151–159.
Herawati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika Pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya dan Bentuk Akar Kelas IX SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 66–87.
Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1).
Munawaroh, H., Subiki, & B., R. W. . (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Disertai Permainan Domino Fisika (Domfis) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 1–9.
Nurfitriyanti, M., & Lestari, W. (2016). Penggunaan Alat Peraga Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 1(2), 247–256.
Sadiman, Raharjo, A. S., Haryono, A., & Rahardjito. (2010). Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Rajawali Press.
Sahman. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Alat Peraga Domino Pada Siswa Kelas V SDN Berani Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 170–174.
Suzana, A. (2017). Pengaruh Penerapan Permainan Kartu Domino Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X. Jurnal MathGram Matematika, 2(1), 1–9.
Widiarto, M., Hajiriah, T. L., & Armiani, S. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Permainan Kartu Domino untuk Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa. JurnalIlmiahBiologi, 7(1), 26–34
DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.