PENGEMBANGAN MEDIA VIDEOSCRIBE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV)

Farhana Manzilina, Enny Listiawati, Rica Wijayanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media videoscribe pada materi sistem persamaan linier dua variabel dan untuk melihat validitas media videoscribe tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang hanya menggunakan tiga tahap yaitu Analysis, Design, dan Development. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan lembar validasi media yang terdiri dari lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media. Pengambilan data dengan menggunakan wawancara dan pemberian angket validasi kepada validator. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif berupa perhitungan rata-rata skor. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh penilaian terhadap media videoscribe dari ahli materi dengan rata-rata skor sebesar 4,833 dan termasuk kedalam kategori sangat layak. Sedangkan penilaian ahli media dengan rata-rata 4,058 yang menunjukkan kriteria layak. Dari kedua penilaian ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata 4,445. Dari hasil tersebut maka media video scribe yang dikembangkan berada pada kategori sangat layak serta valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.


Keywords


Pengembangan, Media Pembelajaran, Videoscribe

Full Text:

PDF

References


Aryuntini, N., Astuti, I., & Yuliana, Y. G. S. 2018. Development of Learning Media Based on VideoScribe to Improve Writing Skill for Descriptive Text of English Language Study. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 3(2),187. https://doi.org/10.26737/jetl.v3i2.746

AZIZAH, A. N. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Perdagangan Internasional Di Sma Batik 2 Surakarta. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126–132. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014

Farida, Nurul. 2015. Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 4.2.

Istiqlal, A. 2018. Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144. https://doi.org/2502-6445

Kariadinata, R. 2007. Desain Dan Pengembangan Perangkat Lunak (Software) Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(69), 1055. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i69.350

Kusuma, I., & Surakarta, B. 2016. perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id.

Listiawati, E. 2019. Penggunaan Video Screencast O-Matic Pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak. Jurnal Matematika, 8(2), 114. https://doi.org/10.24843/jmat.2018.v08.i02.p103

Listiawati, E., & Komariyah, N. 2020.

Pengembangan Media Pembelajaran Video Bus Math (Business Mathematic) Pada Materi Barisan dan Deret. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 136-149.

Nurul, A., & Hidayat, B. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe pada Materi Sejarah Kerajaan Islam di Sumatra dan Akulturasinya Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro. Jurnal Swarnadwipa, 2(3), 190. Retrieved from https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/swarnadwipa/article/viewFile/889/650

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. 2018. Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705

Pingge, H.D and Wangid M.N. 2016. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar di kecamatan kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan 2.1 , 107-122.

Setiyowati, P., & Panggayuh, V. 2019. Pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan video scribe sparkol terhadap hasil belajar SMK Perwari Tulungagung kelas X tahun ajaran 2017/2018. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(1), 12–21.

SILMI, M., & RACHMADYANTI, P. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan Ri Sd Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 254987.

Suryani, P. D. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Rrupa di Smp Negeri 4 Padang.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal Ika, 11(1), 16.

Tri Sutrisno, Y. A. A. 2016. Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning pada Mata Pelajaran Komunikasi Data Interface di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 5 N(Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya), 1068–1074. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/17213/15652

Ulum, M. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Learning Cycle 5E Pada Materi Integral Di Kelas Xii Ipa. Soulmath, 4(5). https://doi.org/10.25139/sm.v4i5.228

Umar. 2014. Media Pendidikan: Peran Dan Fungsinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 131–144. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.