PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS NILAI KEISLAMAN DAN BERBANTUAN SCRATCH PADA SISWA JENJANG SEKOLAH DASAR PADA MATERI BANGUN RUANG

Saiful Marom, Melinia Ningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangkan modul berbasis Keislaman dengan pendekatan kontekstual berbantuan Scratch pada materi bangun ruang pada siswa Sekolah pada jenjang dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang selanjutnya di eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di sekolah dasar kelas IV di SD Negeri Klero 03. Pemilihan sampel menggunakan teknik sampling purposive sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui tes. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan pendekatan ADDIE. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan penggunaan scratch digunakan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menyatakan bahwa e-modul berbasis scratch valid atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi lengkung. Hasil penilaian oleh Ahli Media, Ahli Materi adalah dengan presentase sebesar 77,3% dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil validasi keseluruhan disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran berbasis scratch dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi lengkung  berbasis keislaman dikategorikan “Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji efektivitas e-modul dengan membandingkan rata-rata hasil belajar matematika antara dua kelas Berdasarkan uji independent sample test didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti nilai signifikansi kurang dari 0,05. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control.


Keywords


Modul; Scratch; Kontekstual

Full Text:

PDF

References


Afrianti, R. E. N., & Qohar, A. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual pada Materi Program Linear Kelas XI. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1), 22. https://doi.org/10.25273/jems.v7i1.5288

Allan, V., Barr, V., Brylow, D., & Hambrusch, S. (2010). Computational thinking in high school courses. SIGCSE’10 - Proceedings of the 41st ACM Technical Symposium on Computer Science Education, 390–391. https://doi.org/10.1145/1734263.1734395

Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111–126. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.83

Ariyanto, L., Tsalatsa, A. N., & Prayito, M. (2018). Analisis Free Orientation Dan Resilience Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. JIPMat, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2419

Blum, L., & Cortina, T. J. (2007). CS4HS: An outreach program for high school CS teachers. SIGCSE 2007: 38th SIGCSE Technical Symposium on Computer Science Education, 19–23. https://doi.org/10.1145/1227310.1227320

Bundy, A. (2007). Edinburgh Research Explorer Computational Thinking is Pervasive Computational Thinking is Pervasive. 1(2), 2–5.

Fahmi, & Purwati, R. (2019). Refleksi Diri untuk Memperbaiki Hasil Belajar Berdasarkan Hasil TIMSS. Indonesian Journal of Educational Assessment, 2(1).

Fauzi, A. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Pengenala Reproduksi Pada Hewan Dan Tumbuhan Berbasis Multimedia (. Jik), 3(2), 43–50.

Gabriele, L. (2019). Lesson planning by computational thinking skills in Italian pre-service teachers. Informatics in Education, 18(1), 69–104. https://doi.org/10.15388/infedu.2019.04

Gita, N., Bella, C., & Matematika, P. (2022). Filsafat matematika sebagai pembentukan karakteristik pada media pembelajaran. 2(3), 1–8.

Harahap, M. S., & Fauzi, R. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 4(5), 13. https://doi.org/10.37081/ed.v4i5.153

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Isnaini, M., Fujiaturahman, S., Utami, L. S., & Anwar, K. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI SCRATCH SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA BELAJAR SISWA “ Z GENERATION ” UNTUK GURU-GURU SDN 1 LABUAPI. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5, 871–875.

Kern, L. (1994). USING ASSESSMENT‐BASED CURRICULAR INTERVENTION TO IMPROVE THE CLASSROOM BEHAVIOR OF A STUDENT WITH EMOTIONAL AND BEHAVIORAL CHALLENGES. Journal of Applied Behavior Analysis, 27(1), 7–19. https://doi.org/10.1901/jaba.1994.27-7

Kurniati, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.251

Marcia Linn, Alfred V. Aho, E. (2011). Report of a Workshop of Pedagogical Aspects of Computational Thinking. In The National Academies Press.

Maskar, S. (2020). Maximum Spanning Tree Graph Model: National Examination Data Analysis of Junior High School in Lampung Province. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3(April), 375–378. https://doi.org/10.14421/icse.v3.531

Maskar, S., & Anderha, R. R. (2019). Pembelajaran transformasi geometri dengan pendekatan motif kain tapis lampung. MATHEMA Journal Pendidikan Matematika, 1(1), 40–47.

Nugraha, M. I., & Widiyaningrum, P. (2015). EFEKTIFITAS MEDIA SCRATCH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SEL DI SMA TEUKU UMAR SEMARANG. Unnes Journal of Biology Education, 4(2), 50229.

Octalia, R. P., Rizal, N., & Siswandari, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Challenges untuk Meningkatkan Computational Thinking dalam Pembelajaran Mandiri sebagai Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar. 149–166.

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Ili, L., Purba, B., Chamidah, D., & Kaunang, F. J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Ramadhani, Y. R., Masrul, M., Ramadhani, R., Rahim, R., Tamrin, A. F., Daulay, J. S., Purba, A., Tasnim, T., Pasaribu, A. N., & Agustin, T. (2020). Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif. Yayasan Kita Menulis.

Seymour Papert. (1980). Papert_Mindstorms.Pdf.

Shute, V. J., Sun, C., & Asbell-Clarke, J. (2017). Demystifying computational thinking. In Educational Research Review (Vol. 22, pp. 142–158). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2017.09.003

Sutikno, Susilo, & Hardiyanto, W. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Scratch Sebagai Media Pembelajaran. Rekayasa, 16(2), 173–178. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v16i2.17508

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Graha Ilmu.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Sourcebook. Indiana University Bloomington.

Utami, Y. P., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Perkuliahan Daring Filsafat dan Sejarah Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 82–89.

Wahyuningtyas, D. T., & Suastika, I. K. (2016). Developing of Numbers Learning Module for Primary School Studens By Contextual Teaching and Learning Approach. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, Volume 1(September), 33–36.

Wibawa, B. (2014). Konsep Dasar Metode Penelitian Pendidikan. Metode Penelitian Pendidikan, 1–60. http://repository.ut.ac.id/4022/1/MIPK5201-M1.pdf

Wijaya, S., Syarif Sumantri, M., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1495–1506. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.450

Wing, J. M. (2010). Computational Thinking: What and Why? Thelink - The Magaizne of the Varnegie Mellon University School of Computer Science, March 2006, 1–6. http://www.cs.cmu.edu/link/research-notebook-computational-thinking-what-and-why




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.14884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.