PENERAPAN PERMAINAN SALDERMATH ALGEBRA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP DI KARAWANG

Dori Lukman Hakim

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode quasi exsperimental dengan menggunakan desain kelompok kontrol non ekuivalen, yang bertujuan untuk melihat perbedaan, peningkatan, dan perbedaan peningkatan, dari kelas eksperimen pembelajaran dengan penggunaan saldermath algebra dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas VII di SMP Rawamerta  sebanyak 75 siswa, diambil sampel sebanyak 75 siswa dengan cara Cluster  Sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian kemampuan aljabar, dan di analisis dengan menggunakan uji-T, uji Mann-Whitney dan uji Gain. Dari hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan antara lain, pencapaian kemampuan aljabar siswa yang pembelajarannya menerapkan permainan Saldermath Agebra berbeda dengan kemampuan aljabar siswa yang menggunakan pembelajaran langsung secara keseluruhan dan pengelompokan kemampuan awal matematis siswa. Peningkatan kemampuan aljabar siswa yang pembelajarannya menerapkan permainan Saldermath Agebra lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan aljabar siswa yang menggunakan pembelajaran langsung secara keseluruhan sama halnya berdasarkan pengelompokan kemampuan awal matematis siswa kelompok tinggi dan kelompok sedang, akan tetapi peningkatannya tidak lebih tinggi berdasarkan kelompok rendah. Kemudian minat belajar matematis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menerapkan permainan Saldermath Agebra berbeda.

Full Text:

PDF

References


Agus, S. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Cooney,T.J.,Davis,E.V.&,Henderson,K.B. (1975). Dinamics of Teaching Secondary School Mathematics. Boston: Houghton Mifflin Company.

Depdiknas. (2006). Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Model Pengembangan Silabus Mata Pelajaran SMP/MTs. Jakarta: BP Cipta Jaya Erman.

Hudojo, H. (1988). Teori Dasar Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Pres.

Iva Rifa. (2012). Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta: Flashbook.

Kieran, C. (2004). “Algebraic Thinking in the Early Grades: What Is it?”. The Mathematics Educator. 8, (1), 139-151

Luqmanul Hakim, (2012). Sejarah Permainan Dam Ular. [OnLine]. Tersedia : http://www.carigold.com/portal/forums/archive/index.php/t371618.h tml (09 Januari 2015).

M. Husna, A. (2009). 100+ Permainan Tradisional Indonesia untuk Kreativitas, Ketangkasan, dan Keakraban. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nanik Agustina. (2008). Permainan Ular Tangga Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN Kebonagung 06 Pakisaji Malang. Skripsi Universitas Negeri Malang : tidak diterbitkan.

Ranti Purnanindya. (2013). Pengembangan Game Edukasi Ular Tangga sebagai Media Pembelajaran TIK untuk Siswa Kelas 3 SDN Pujokusuman 2 Yogyakarta. Jurnal Media Pembelajaran UNY.

Ruseffendi, H.E.T., Prof. PH.D. M.Sc. S.Pd.(2005). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang non-eksakta lainnya. Bandung : Tarsito.

Shaleh, A. Rahman & Wahab, M. Abdul. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Suherman,E.dkk. (2001). Strategi Belajar Mengajar Kontemporer. Bandung : Depdikbud.

Soedjadi, R. (1996) . Diagnosis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Belajar Matematika. Jurnal Jurusan Matematika FPMIPA IKIP Surabaya. Hlm:25-33.

Soedjadi, R. (2000) . Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.