PEMBENTUKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING MELALUI PENDEKATAN FILSAFAT MATEMATIKA

Saiful Marom, Sri Lestari, Rochmad Rochmad

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembentukan media pembelajaran berbasis computational thinking melalui pendekatan filsafat matematika. Proses pembentukan media pembelajran matematika ini sangat dibutuhkan bagi pendidik dalam menyampaikan pesan materi dalam proses pembelajaran agar terasa lebih menarik dan membawa dampak tidak menimbulkan rasa bosan bagi peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan studi pustaka. Peneliti mengumpulkan berbagai referensi berupa jurnal (Internasional maupun nasional), buku dan artikel lainnya yang terkait dengan tema yang akan dibahas. Dari hasil penelitian diperoleh dua hal yang terpenting dalam pembuatan media pembelajaran matematika yang pertama adala konten materi dari media pembelajaran dan yang kedua adalah terkait dengan penyajian visualisasi dari media pembelajaran tersebut. Filsafat matematika mempunyai peranan penting dalam pembentukan karakteristik media pembelajaran melalui pendekatan materi yang akan diajarkan atau dimasukkan sebagai bahan yang akan disampaikan melalui media pembelajaran. Selanjutnya terkait dengan visualisasi atau tampilan dari media pembelajaran tersebut diperlukan injeksi nilai-nilai computational thinking pada tampilan media yang dibuat.


Keywords


Media Pembelajaran; Computational Thinking; Filsafat Matematika

Full Text:

PDF

References


Allan, Vicki, Valerie Barr, Dennis Brylow, and Susanne Hambrusch. 2010. “Computational Thinking in High School Courses.” SIGCSE’10 - Proceedings of the 41st ACM Technical Symposium on Computer Science Education: 390–91.

Ansori, Miksan. 2020. “Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) Dalam Pemecahan Masalah.” Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam 3(1): 111–26.

Ariyanto, Lilik, Ahmad Nashir Tsalatsa, and Muhammad Prayito. 2018. “Analisis Free Orientation Dan Resilience Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Matematika.” JIPMat 3(1): 29–36.

Blum, Lenore, and Thomas J. Cortina. 2007. “CS4HS: An Outreach Program for High School CS Teachers.” SIGCSE 2007: 38th SIGCSE Technical Symposium on Computer Science Education: 19–23.

Bundy, Alan. 2007. “Edinburgh Research Explorer Computational Thinking Is Pervasive Computational Thinking Is Pervasive.” 1(2): 2–5.

Fauzi, Achmad. 2019. “Media Pembelajaran Interaktif Pengenala Reproduksi Pada Hewan Dan Tumbuhan Berbasis Multimedia (.” Jik) 3(2): 43–50.

Gita, Nyoman, Cinthya Bella, and Pendidikan Matematika. 2022. “Filsafat Matematika Sebagai Pembentukan Karakteristik Pada Media Pembelajaran.” 2(3): 1–8.

Hewi, La, and Muh Shaleh. 2020. “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini).” Jurnal Golden Age 4(01): 30–41.

Maskar, Sugama. 2020. “Maximum Spanning Tree Graph Model: National Examination Data Analysis of Junior High School in Lampung Province.” Proceeding International Conference on Science and Engineering 3(April): 375–78.

Maskar, Sugama, and Refiesta Ratu Anderha. 2019. “Pembelajaran Transformasi Geometri Dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung.” MATHEMA Journal Pendidikan Matematika 1(1): 40–47.

Octalia, Rembulan Permata, Nur Rizal, and Herlina Siswandari. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Challenges Untuk Meningkatkan Computational




DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i1.11745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Indexed by:

                  


Creative Commons License

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.