Pengembangan Media Video MAJUDDA (Tema Wujud Benda) Berbasis Model Pembelajaran Picture and Picture Menggunakan Aplikasi Filmora Pada Kelas III SD

Lintang Ramadhani, Khusnul Fajriyah, Rofian Rofian

Abstract


Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih dijumpai guru dalam melaksanakan pembelajaran ada yang tidak menggunakan media pembelajaran hanya memberikan tugas saja, guru belum pernah membuat kreasi media video pembelajaran, tetapi hanya download video yang ada di internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengembangan media video MAJUDDA berbasis model pembelajaran picture and picture menggunakan aplikasi Wondershare Filmora 9 pada materi tema 3 “Benda di Sekitarku” Subtema 2 “Wujud Benda” Pembelajaran 1 yang layak dan praktis bagi siswa kelas III SDN Sawah Besar 01 Semarang dan SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Reearch and Development  (R&D) dengan model Prof. Soegiyono (Borg and Gall) dengan teknik menggunakan teknik Non Probelity Sampling. Hasil penelitian yaitu, Untuk menguji kevalidan dalam penggunaan media video MAJUDDA menggunakan aplikasi Wondershare Filmora 9 memvalidasi produk yang dibuat kepada ahli media dan ahli materi, memperoleh nilai persentase 94,5% dari total seluruh indikator oleh ahli media, 84,4% dari total seluruh indikator oleh ahli materi. Kemudian untuk menguji kepraktisan media video MAJUDDA menggunakan aplikasi Wondershare Filmora 9  dengan melihat hasil angket tanggapan siswa dan tanggapan guru, memperoleh nilai rata-rata persentase 92,85% dari tanggapan siswa di SDN Pandean Lamper 04 Semarang dan 100% dari tanggapan siswa di SDN Sawah Besar 01 Semarang. Tanggapan guru di SDN Pandean Lamper 04 Semarang diperoleh persentase dari total seluruh indikator sebesar 94,28% dari tanggapan guru dalam materi pembelajaran diperoleh persentase dari total seluruh indikator sebesar 90,66% dari tanggapan guru dalam media pembelajaran. Tanggapan guru di SDN Sawah Besar 01 Semarang diperoleh persentase dari total seluruh indikator sebesar 100% dari tanggapan guru dalam materi pembelajaran diperoleh persentase dari total seluruh indikator sebesar 100% dari tanggapan guru dalam media pembelajaran. Kesimpulan produk media video MAJUDDA menggunakan aplikasi Wondershare Filmora 9 yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses Pembelajaran Tema 3 “Benda di Sekitarku” Subtema 2 “Wujud Benda” Pembelajaran 1

Kata Kunci: Media Pembelajaran; Tema 3 “Benda di Sekitarku” Subtema 2 “Wujud Benda” Pembelajaran 1.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/dm.v17i3.9777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JDP (Jurnal Dimensi Pendidikan) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of Jurnal Dimensi Pendidikan ISSN 1858-4868 (Print)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Listyaning Sumardiyani, M.Hum.
Email: dimensipendidikan@upgris.ac.id