PENGEMBANGAN GAME PEMBELAJARAN AKSARA JAWA MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Linda Ayu Safitriningrum

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar Aksara Jawa siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi game dari ahli materi menggunakan indeks Gregory memperoleh skor 1 berada pada kategori tinggi, sedangkan hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 1 berada pada kategori tinggi. Produk akhir yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini yaitu game pembelajaran Aksara Jawa berbentuk aplikasi yang bernama “MANDRAWA". Berdasarkan hasil angket respon guru mendapatkan presentase 95% dan angket respon siswa mendapatkan presentase 100%, game pembelajaran Aksara Jawa menggunakan Smart Apps Creator sudah memenuhi kriteria efektif berdaya guna. Perolehan hasi nilail pretest dan posttest Aksara Jawa meningkat setelah menggunakan game pembelajaran Aksara Jawa menggunakan Smart Apps Creator dengan presentase peningkatan sebesar 48%. Jadi dapat disimpulkan bahawa game pembelajaran Aksara Jawa Menggunakan Smart Apps Creator sangat layak digunakan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/dm.v18i3.13476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JDP (Jurnal Dimensi Pendidikan) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of Jurnal Dimensi Pendidikan ISSN 1858-4868 (Print)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Listyaning Sumardiyani, M.Hum.
Email: dimensipendidikan@upgris.ac.id